Alasan Luhut Soal Naiknya Harga Tiket Borobudur

44 views
Luwakpoker

Ini Alasan Luhut Soal Naiknya Harga Tiket Borobudur Jadi Rp.750.000

Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Indoharian, news, Politik, Terkini, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com

Alasan Luhut Soal Naiknya Harga Tiket Borobudur Jadi Rp.750.000

IndoHarian – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan memutuskan untuk menaikkan harga tiket masuk Candi Borobudur menjadi Rp750 ribu untuk wisatawan lokal. Tarif yang dinilai cukup mahal pun sontak menuai pro dan kontra dari masyarakat yang keberatan dengan naiknya harga tiket Borobudur yang merupakan situs sejarah yang terletak di Magelang, Jawa Tengah, tersebut.

Menurut dia, harga sebesar Rp750 ribu tersebut berlaku untuk wisatawan lokal yang ingin menaiki kawasan candi Borobudur saja. Sementara, bagi para wisatawan yang hanya ingin masuk ke pelataran hanya dikenakan tarif regular saja, yakni sebesar Rp50 ribu.

“Langkah ini kami ambil semata-mata hanya demi menjaga kelestarian kekayaan sejarah Candi Borobudur dan budaya nusantara kita,” tulis Luhut Binsar dalam akun Instagramnya, seperti dikutip CNN pada hari Senin (6/6).

Alasan lainnya soal naiknya harga tiket Borobudur, sambung Luhut, pemerintah juga bersepakat untuk membatasi kuota dari wisatawan yang ingin berkunjung ke Candi Borobudur hanya menjadi 1.200 orang saja per harinya.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Joe Biden Di Ungsikan Karena Ini
Ganjar-Anies Masuk Radar KIB
Bentrok Dengan Ulama Seorang Pria DiBakar Hingga Tewas

“Sehingga, nantinya rasa tanggung jawab kita untuk merawat dan melestarikan salah satu situs bersejarah Nusantara akan bisa terus tumbuh dalam sanubari para generasi muda kita di masa mendatang,” tutur Luhut.

Selain menaikkan tarif sebesar Rp750 ribu untuk para wisatawan lokal, pemerintah juga menetapkan harga tiket US$100 untuk para turis asing yang ingin menaiki puncak Candi Borobudur. Sementara, bagi para turis asing yang hanya berada di pelataran candi Boribudur saja nantinya akan dikenakan tarif sebesar US$25.

Sedangkan harga tiket masuk Borobudur untuk para pelajar hanya akan dibanderol sebesar Rp5.000. Sedangkan, bagi wisatawan asal Jawa Tengah dan Yogyakarta akan dipertimbangkan agar mendapatkan harga khusus.

Luhut turut menegaskan semua wisatawan yang berkunjung juga wajib melakukan reservasi online untuk mengatur aliran pengunjung nantinya. Tak hanya itu saja, para wisatawan juga wajib menggunakan tour guide dari warga lokal setempat.

Aturan lainnya soal naiknya harga tiket Borobudur, para wisatawan juga wajib menggunakan sandal khusus, agar nantinya tidak merusak tangga dan struktur bangunan di Candi Borobudur. Sandal ini nantinya juga akan diproduksi oleh warga dan UMKM setempat untuk menaikkan pendapatan bagi para warga lokal.

Berita Dunia Terbaru Berita hari ini Berita Indonesia Terbaru Berita Terkini berita terupdate Indoharian news Politik Terkini Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply