BIN Dalami Aktor Kerusuhan Papua Yang Susupi Aksi Damai

379 views
Luwakpoker

BIN Dalami Aktor Kerusuhan Papua Yang Memicu Rusuh Dalam Aksi Damai

Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Indoharian, news, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Aktor Kerusuhan Papua

BIN Dalami Aktor Kerusuhan Papua Yang Susupi Aksi Damai

 

IndoHarian – Konflik yang terjadi di beberapa wilayah Papua dan Papua Barat pada hari Sening 19 Agustus 2019, dalam mengungkap aktor kerusuhan papua. Badan Intelijen Negara telah memetakan siapa saja yang terlibat dibalik aksi ricuh tersebut.

“Ya sudah, sudah ada pemetaan. Siapa bermain, siapa itu sudah ada pemetaan. Dan kami telah antisipisi supaya bisa segera dilakukan peredaan ketegangan,” ucap juru bicara (Jubir) BIN Wawan Hari Purwanto pada hari Rabu (21/8/2019).

Dia katakan bahwa pihaknya telah melihat penyebab utamanya. Hanya saja tidak mau mengambil langkah gegabah.

“Memang inikan kita semua itu harus menahan dirilah. Artinya tidak gegabah. Semua ini kan ada sensitifitas,” ucap Wawan.

Dari pihaknya pun telah menyampaikan bahwa telah dikordinasikan dengan lembaga lain untuk melaporkan kondisi terkini di Papua.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
pembakar polisi Cianjur
video sex biduan garut
Manokwari rusuh

 

“Itu memang tugas dalam berbagai macam kegiatan. Apalagi dalam suasana yang sedang on begini, kami melakukan koordinasi,” tandasnya.

Usut kerusuhan yang terjadi di Fakfak, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo menjelaskan bahwa pihaknya telah mengidentifikasi aktor kerusuhan papua yang dengan sengaja memancing kerusuhan di Fakfak, Papua Barat.

Kelompok tersebut menyusup diantara para pendemo yang tengah melakukan aksi damai pada hari Rabu (21/8/2019) sekitar pukul 9 waktu setempat.

Demonstrasi tersebut merupakan buntut dari dugaan persekusi yang dialami oleh mahasiswa yang asalnya dari Papua di Surabaya dan Malang, Jawa Timur.

“Segelintir orang mencoba memprovokasi. Ya ada sekelompok kecil saja masyarakat yang mengagitasi situasi,” ucap Dedi di Grandkemang Jaksel pada hari Rabu (21/8/2019).

Dedi terangkan bahwa kelompok tersebut telah mencoba untuk memancing situasi. Beruntungnya, TNI dan Polri dibantu oleh masyarakat Fakfak, Papua barat berhasil mengatasi kelompok itu.

Sekarang ini, kelompok tersebut sedang didalami. Apabila nantinya ditemukan perbuatan melawan hukum, maka akan langsung ditindak secara hukum.

“Kami sita beberapa simbol-simbol. Kami bantu sebagian masyarakat yang tidak setuju dengan tindakan sekelompok orang itu menciptakan situasi yang kondusif,” ucap dia mengenai aktor kerusuhan Papua.

Sumber : liputan6

Aktor Kerusuhan Papua Berita Dunia Terbaru Berita hari ini Berita Indonesia Terbaru Berita Terkini berita terupdate Indoharian news Politik

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply