Dinasti Politik DPR: PDIP Paling Banyak, Nasden Cuman 2?

70 views
luwakpoker

Dinasti Politik DPR: Yang Dapat Paling Banyak Ialah PDIP

Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Indoharian, news, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com,

IndoharianDinasti Politik DPR: PDIP Paling Banyak, Nasden Cuman 2?

 

Indoharian – Praktik dari dinasti politik DPR yang berdasarkan kekerabatan ataupun kekeluargaan yang dikatakan masih mewarnai perpolitikan di DPR periode 2019-2024. Yang terbanyak mengatakan kekerabatan di Senayan ialah PDIP dan juga Partai Golkar.

Forum dari Masyarakat Peduli bersama dengan Parlemen Indonesia (Formappi) mengatakan kalau delapan dari sembilan partai politik yang berhasil lolos ke parlemen menyumbang 48 legislator yang punya hubungannya dengan kekerabatan bersama dengan seorang politikus ataupun pejabat negara lainnya.

“Sejauh penelusuran kami yang berpotensi menjadi dinasti politik terdapat 48 caleg terpilih,” kata Peneliti Formappi Lucius Karus di kantor Formappi, Jakarta, pada hari Kamis (5/9/2019).

Lucius lantas merinci kalau PDI Perjuangan menduduki posisi pertama penyumbang legislator yang sangat berpotensi menjadi politik dinasti. Setidaknya, ada 10 nama legislator dari PDIP ternyata memiliki hubungan keluarga dengan elite politik di tanah air.

 

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Ditjen Imigrasi soal Benny
Hongkong Cabut RUU Ekstradisi
antibiotik alami berkhasiat

 

Posisi kedua ialah, disusul oleh Partai Golkar yang menyumbang sebanyak sembilan legislator yang mempunyai hubungan kekerabatan dengan para elite politikus.

Posisi selanjutnya diisi dengan Partai NasDem bersama dengan delapan legislator, Partai Demokrat (6 legislator), Gerindra dan PAN (masing-masing 5 legislator), PKS (3 legislator) dan terakhir PKB (2 legislator).

Lucius mengatakan praktik dinasti politik DPR hal tersebut menandakan kalau praktik oligarki di internal partai politik masih terus berjalan dan berlangsung santai.

Hal tersebut terlihat rekruitmen di internal parpol sendiri masih memberikan kemudahan bagi para kader yang memiliki hubungan kekerabatan dengan elit politik untuk melesat meraih kursi jabatan publik.

“Jadi hal tersebut parpol kita tidak punya harapan jadi pilar demokrasi jika elite-elite dirinya masih dikuasai satu keluarga ataupun satu kelompok yang bejejaring secara kekerabatan,” ucap seorang Lucius

Selain tersebut, Lucius menyebutkan kalau DPR periode mendatang berpotensi akan menjadi ‘sarang’ korupsi kalau praktik dinasti politik masih langgeng di perpolitikan tanah air.

Karena, para legislator tersebut dipastikan akan memelihara situasi yang penuh ketertutupan guna melancarkan praktik koruptif itu.

“Jika parpol atau DPR dikuasai lebih banyak caleg terpilih dari faktor kekerabatan yang sama, peluang korupsi itu makin terbuka. Karena urusan kebijakan negara bisa diselesaikan dalam forum keluarga, forum tak resmi,” ucap dia.

Berdasarkan data dari Formappi, berikut ialah beberapa contoh caleg terpilih DPR yang memiliki kekerabatan dengan kalangan elite.

Dari dinasti politik DPR, ada nama Mochamad Herviano (caleg PDIP, anak kandung Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan), Puan Maharani (caleg PDIP, anak Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri), Puti Guntur Soekarno (keponakan Megawati).

Sumber: CNNIndonesia

texaspoker2

Berita Dunia Terbaru Berita hari ini Berita Indonesia Terbaru Berita Terkini berita terupdate Dinasti Politik DPR Indoharian news Politik Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com

Author: 
    author

    Related Post

    viral88poker

    Leave a reply