Jokowi Unggul Pemilih Muda, Pendapat Kalangan Muda Untuk Jokowi

Jokowi Unggul Pemilih Muda, Inilah Jumlah Jokowi Lebih Banyak Dukungan Dari Kalangan Anak Muda

Alam dan Entertainment News, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Foto, Indoharian, kesehatan, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Ulasan Teknologi, Video, news, kesehatan, teknologi, kriminal, wisata, olahraga, otomotif, aktor, aktris, kuliner

IndoharianJokowi Unggul Pemilih Muda, Pendapat Kalangan Muda Untuk Jokowi

 

Indoharian – Alvara Research Center mengeluarkan hasil survei elektabilitas calon presiden dan calon wakil presiden pada Pilpres 2019. Pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin Jokowi Unggul Pemilih Muda atas Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Menurut survei itu, elektabilitas pasangan Joko Widodo-KH Maruf Amin 53,9 persen, sementara elektabilitas pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sebesar 34,7 persen. Sedangkan yang belum memutuskan sebesar 11,4 persen.

Survei diselenggarakan pada 22 Februari-2 Maret 2019 kepada 1.201 responden yang berusia 17 tahun ke atas dan memiliki hak pilih menggunakan metode multistage random sampling dengan melakukan wawancara. Margin of error dalam survei ini plus-minus 2,88% dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
3 Wanita Pusaran Teroris, Dipimpin Oleh Abu Hamzah
Inilah Alasan Facebook, Instagram, Dan WA Tumbang Berjam-Jam
Kelinci Tertua Di Dunia, Sudah Dua Kali Di Tinggal Istri

CEO dan Founder Alvara Research Center, Hasanuddin Ali menjelaskan, Jokowi-Ma’ruf unggul di semua generasi. Namun, di segmen pemilih pemula, Jokowi Unggul Pemilih Muda tipis dari Prabowo.

“Di pemilih muda terjadi persaingan yang sangat ketat dengan pasang Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.” kata Hasanuddin Ali di Hotel Oria, Jakarta, Jumat (15/3).

Kata dia, semakin tua usia pemilih, elektabilitas Jokowi meningkat, dan elektabilitas Prabowo menurun

Hasanuddin merinci, pada pemeilih generasi Z yakni usia 17-21 tahun, elektabilitas Jokowi-Ma’ruf 44 persen, sedangkan untuk pasangan Prabowo-Sandiaga sebesar 42,5 persen.

“Sebanyak 13,4 persen responden masih belum menentukan pilihannya,” katanya

Sementara, untuk pemilih generasi milenial, usia 22-37 tahun, elektabilitas pasangan Jokowi-Ma’ruf sebesar 51,5 persen sedangkan pasangan Prabowo-Sandiaga sebesar 37,2 persen dan yang belum menentukan sebesar 11,3 persen.

Di segmen pemilih generasi X (usia 38-53 tahun), elektabilitas pasangan Jokowi-Maruf semakin unggul.

“Pasangan Gen X, pemilih pasangan Joko Widodo-K.H Ma’ruf Amin sebesar 56,1 persen sementara pemilih pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sebesar 32,2 persen dan yang belum memutuskan 11,7 persen,” ujar Hasan.

Lebih lanjut, untuk pemilih Baby Boomers, usia lebih dari 53 tahun, elektabilitas pasangan Jokowi-Ma’ruf sebesar 66 persen dan untuk pasangan Prabowo-Sandiaga sebesar 24 persen.

“Pemilih usia lebih 53 tahun yang belum memutuskan sebesar 10 persen,” kata Hasan Jokowi Unggul Pemilih Muda.
Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *