Samad Sindir Capim Petahana: Tidak Berkualitas

Samad Sindir Capim Petahana KPK Menilai Kursi Kepemimpinan Komisi Antirasuah Harusnya Diisi Oleh Staf Internal KPK Yang Sudah Lama Bekerja

Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Indoharian, news, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com

Indoharian – Samad Sindir Capim Petahana: Tidak Berkualitas

 

Indoharian – Eks Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad sindir Capim Petahana menilai kursi kepemimpinan komisi antirasuah harusnya diisi oleh staf internal KPK yang sudah lama bekerja atau yang sudah profesional.

“Saya lebih mendorong staf-staf Internal KPK yang sudah lama mengabdi dan berjuang di KPK untuk jadi Pimpinan KPK,” ujar Samad, hari Senin (8/7).

Samad juga menanggapi perihal Laode M. Syarif, Basaria Panjaitan, dan Alexander Marwata yang mendaftar lagi dalam proses seleksi calon pimpinan KPK jilid V (2019-2024). Saat ditanya tentang kualitas ketiga pimpinan KPK tersebut, menurut Samad mereka semua biasa saja.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Aneh! Ini Pengakuan Petugas Pengangkat Peti Jenazah Sutopo
Andi Soal Upaya Rekonsiliasi: Rizieq Bisa Pulang Kapan Saja
BNPB Kenang Sutopo: Pak Sutopo Pahlawan Kemanusiaan

“Kualitasnya biasa-biasa saja,” ucap Samad.

Menurutnya, Basaria, Alex, dan Syarif seharusnya memberikan kesempatan kepada para staf internal dan juga anak muda untuk mengisi kursi pimpinan yang akan mereka tinggalkan dalam waktu kurang dari enam bulan lagi.

“Sebaiknya kita sebagai Pimpinan dan Mantan Pimpinan KPK memberikan kesempatan ke anak-anak muda staf Internal KPK yang sdh lama mengabdi di KPK diberikan ruang bagi mereka untuk mendaftar dan jadi Pimpinan KPK,” ujar Samad.

KPK sendiri, lanjut Samad sindir Capim Petahana, membutuhkan pimpinan yang berintegritas sempurna. Saat ditanya apakah Basaria, Alex, dan Syarif, sudah memenuhi kriteria itu, Samad enggan menjawabnya.

“Pimpinan yang berintegritas paripurna yaitu orang yang jujur dan berani,” kata Samad.

Sebelumnya, Panitia seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel KPK) menyatakan jumlah pendaftar untuk mengikuti seleksi mencapai 384 orang sampai batas akhir pendaftaran melalui surel (e-mail) jam 23.59 WIB, hari Kamis (4/7). Pansel sudah memutuskan untuk tidak memperpanjang pendaftaran seleksi calon pimpinan lembaga antikorupsi tersebut.

Setidaknya tiga pimpinan KPK Alexander Marwata, Laode M. Syarif, dan Basaria Panjaitan mengkonfirmasi bahwa mereka sudah kembali mendaftar sebagai capim KPK.

Selain Samad sindir Capim Petahana, ada sejumlah pegawai KPK yang ikut mendaftar. Menurut pantauan di kantor Sekretariat Negara (Setneg) di hari terakhir pendaftaran tersebut, terlihat penasihat KPK Tsany Annafari dan juga Direktur Pendidikan KPK Giri Supradiono ikut mendaftar.

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *