Jokowi Lantik Mahfud MD Jadi Ketua Kompolnas, Kok Bisa?

517 views
Mantratoto

Jokowi lantik Mahfud MD Jadi Ketua Kompolnas dan Tito Karnavian Menjadi Wakil Dari Kompolnas Tersebut

Berita Indonesia Terbaru, Terkini, berita terupdate, Indoharian, news, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Indoharian, news, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Gempa Guncang Bengkulu

IndoharianJokowi Lantik Mahfud MD Jadi Ketua Kompolnas, Kok Bisa?

INDOHARIAN.COM – Presiden Jokowi lantik Mahfud MD untuk menjadi seorang Ketua Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) pada periode 2020-2024. Pelantikan tersebut dilakukan pada hari ini, Rabu (19/8/2020) di dalam Istana Negara.

Pelantikan tersebut juga tertuang dalam Keputusan Presiden RI Nomor 54/M Tahun 2020 masalah Pemberhentian dan juga Pengangkatan Kompolnas.

Dalam sumpahnya, para anggota Kompolnas menyebutkan siap untuk menjalankan tugas dan juga berpegang teguh pada Pancasila serta UUD 1945.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada UUD Negara RI Tahun 1945 serta akan menjalankan peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara,” kata Jokowi diikuti seluruh anggota Kompolnas yang juga dilantik.

Para anggota yang juga dilantik juga menyebutkan sumpah akan menjaga integritas dan juga tidak menyalahgunakan kewenangan.

“Bahwa saya akan menjaga integritas, tidak menyalahgunakan kewenangan, serta menghindarkan diri dari perbuatan tercela,” ucapnya.

Jokowi lantik Mahfud MD dan juga sembilan anggota Kompolnas menandatangani berita acara.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
HUT RI-75, BI Keluarkan Uang 75.000 Terbaru Hari Ini
Busana Cina Pada Uang Pecahan 75.000 Baru, Ini Penjelasannya
Rugikan Negara, KPK Jebloskan Eks Kadis PU Papua Ke Penjara

Berikut list daftar ketua dan juga anggota Kompolnas yang baru dilantik:

1. Menko Polhukam Mahfud MD sebagai ketua merangkap anggota
2. Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian sebagai wakil ketua merangkap anggota
3. Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly sebagai anggota
4. Benny J. Mamoto mewakili pakar kepolisian sebagai anggota
5. Pudji Hartanto Iskandar mewakili pakar kepolisian sebagai anggota
6. Albertus Wahyurudhanto mewakili pakar kepolisian sebagai anggota
7. Yusuf mewakili tokoh masyarakat sebagai anggota
8. Muhammad Dawam mewakili tokoh masyarakat sebagai anggota
9. Poengky Indarti mewakili tokoh masyarakat sebagai anggota

Sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 17 Tahun 2011 masalah Kompolnas susunan keanggotaan terdiri dari tiga orang dari unsur pemerintah, tiga orang dari pakar kepolisian, dan juga tiga orang dari tokoh masyarakat.

Anggota Kompolnas dari unsur pakar kepolisian dan juga tokoh masyarakat dipilih melalui proses seleksi. Enam orang yang udah terpilih adalah pihak yang lolos seleksi dari 12 nama yang diajukan ke seorang Jokowi lantik Mahfud MD.

Berita Dunia Terbaru Berita hari ini Berita Indonesia Terbaru Berita Terkini berita terupdate Indoharian Jokowi lantik Mahfud MD news Politik Terkini Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply