Breaking News! Mendiknas Era Megawati, Malik Fadjar Tewas

49 views
Luwakpoker

Malik Fadjar Tewas Dan Belum Di Ketahui Penyebabnya

Berita Indonesia Terbaru, Terkini, berita terupdate, Indoharian, news, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Indoharian, news, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Malik Fadjar Tewas

Indoharian – Breaking News! Mendiknas Era Megawati, Malik Fadjar Tewas

INDOHARIAN.COM – Salah satu tokoh senior Muhammadiyah, Profesor Abdul Malik Fadjar tewas pada hari Senin malam, 7 September 2020 ketika berada di RS Mayapada Jakarta.

Kabar wafatnya mantan Menteri Pendidikan Nasional (2001-2004) tersebut sudah dikonfirmasi oleh pengurus PP Muhammadiyah. ”Beliau wafat pukul 19.00 WIB,” terang Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti tepat pada hari Senin (7/9/2020).

Malik Fadjar tewas dan pernah terpilih menjadi Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode 2005-2010 serta 2010-2015. Ia juga mempunyai karier akademik yang panjang. Malik pernah menjabat Rektor Universitas Muhammadiyah Malang serta Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Selain hal tersebut, Malik pernah memimpin beberapa kementerian. Semasa hidupnya, Malik Fadjar pernah menjabat menjadi Dirjen Pendidikan Islam pada Departemen Agama sampai menjadi Menteri Agama (1998-1999) tepat pada masa Presiden BJ Habibie. Selanjutnya, dia menduduki posisi Menteri Pendidikan Nasional (2001-2004) atau pada masa Presiden Megawati Soekarnoputri. Malik lalu ditunjuk menjadi Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (ad-interim) pada 2004.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia serta Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy berbelasungkawa atas wafatnya mantan Mendikbud Abdul Malik Fadjar. Tokoh nasional kelahiran Yogyakarta, 22 Februari 1939 tersebut menghembuskan nafas terakhirnya tepat pada hari Senin malam (7/9/2020) pukul 19.00 pada usia 81 tahun.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
aib ayah Atta Halilintar
Gelar Pernikahan Drive Thru
Anofial Asmid poligami

”Innalilillahi wa innailaihi rajiun. Turut berdukacita karena wafatnya guru saya, senior saya Prof H Abdul Malik Fadjar,” terang Menko PMK pada keterangan tertulis, pada hari Selasa (7/9/2020).

Muhadjir mengaku mengenal baik Malik Fadjar. Hubungannya sudah terjalin semenjak berada pada Persyarikatan Muhammadiyah. Selain menjadi senior, untuk Muhadjir, Malik Fadjar sudah menjadi mentor pada kariernya di pemerintahan.

”Saya mengenal baik Prof Malik. Beliau ialah tokoh senior yang sudah lama berkiprah pada Muhammadiyah. Beliau juga ikut serta dalam pemerintahan, pendahulu saya menjadi Mendiknas serta Menkokesra. Saya banyak belajar dari kiprah kepemimpinan beliau,” akunya.

Aktivis Muhammadiyah

”Saya sangat merasa kehilangan. Semoga beliau ditempatkan pada sisi Allah di tempat yang terbaik,” sambung dia.

Malik Fadjar tewas dan sudah malang melintang pada pemerintahan sejak Era Reformasi. Ia pernah menduduki posisi menjadi Menteri Agama, Menteri Pendidikan Nasional, Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, serta terakhir menjabat menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden RI pada era Presiden Joko Widodo. Ia juga sudah lama berkhidmat pada Persyarikatan Muhammadiyah.

Sumber: Liputan6.com

Berita Dunia Terbaru Berita hari ini Berita Indonesia Terbaru Berita Terkini berita terupdate Indoharian Malik Fadjar Tewas news Politik Terkini Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply