Daftar Jajanan Pasar yang Berisiko Kanker menurut BPOM

152 views
Mantratoto

Daftar Jajanan Pasar yang Berisiko Kanker menurut BPOM, Sering Dikonsumsi Netizen Warga RI

Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Indoharian, news, Politik, POLITIK Berita Dunia Terbaru, Terkini, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com

Daftar Jajanan Pasar yang Berisiko Kanker

 

Indoharian – Badan Pengawas Obat dan Makanan RI (BPOM) menemukan Daftar Jajanan Pasar yang Berisiko Kanker menurut BPOM banyak jajanan di pasar memakai bahan tambahan pangan yang tidak aman untuk dikonsumsi. Terlebih, jajanan pasar sering kali dikonsumsi oleh masyarakat.

Kepala BPOM RI Lucia Rizka Andalusia mengatakan bahan perisai tambahan pangan yang tak aman pada makanan kerap ditemukan formalin, boraks, hingga pewarna tekstil, yaitu rhodamin B dan metanil yellow.

“Badan POM secara aktif melakukan survey langsung ke pasar-pasar. Untuk mengecek adakah makanan-makanan yang sering dimakan masyarakat yang mengandung bahan tambahan pangan yang dilarang,” kata Rizka saat ditemui di Jakarta Selatan, Minggu (7/7/2024).

Rizka menyebut contoh jajanan pasar yang memiliki bahan berbahaya formalin adalah mi kuning. Makanan ini kerap kali digunakan pedagang menjadi pelengkap makanan seperti bakso, hingga soto mi.

“mie yang berwarna kuning itu bisa awet seminggu lebih gabakal rusak sampek sebulan karena mengandung formalin,” ujarnya.

Selain itu, juga ada bahan tambahan pangan berupa pewarna tekstil, rhodamin B dan metanil yellow pada pada es krim. Pewarna kuning dan merah ini dilarang , dan sekarang dipakai pada makanan lantaran bisa berbahaya pada kesehatan, termasuk bisa berisiko kanker.

Ungkap dari BPOM RI, zat warna rhodamin B . Pewarna ini biasanya digunakan untuk zat warna kertas, tekstil (sutra, wool, kapas), sabun, kayu, plastik dan kulit.

 

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Bencana Peringatan Dini Cuaca Besok Seluruh Jakarta
Asusila Penyebab Ketua KPU Hasyim Asy’ari Dipecat
Dramatis, Euro 2024 Perempat Final: France Singkirkan Portugal

 

Kerusakan pada hati terjadi akibat makanan yang mengandung rhodamin B dalam konsentrasi tinggi. karena rhodamin B dalam waktu yang lama bisa menyebabkan gangguan fungsi hati dan kanker hati.

Sementara zat warna metanil yellow biasa digunakan pada industri tekstil, cat, kertas dan kulit binatang, indikator reaksi netralisasi (asam-basa). Metanil yellow ini bisa membuat kita mual, muntah, sakit perut, diare, panas, rasa tidak enak dan tekanan darah

Walaupun bahan kimia tersebut telah dilarang penggunaannya untuk pangan, Daftar Jajanan Pasar yang Berisiko Kanker malah menjadi sering dikonsumsi semua orang. Kita harus pandai-pandai untuk memilih jajanan yang bisa dikonsumsi dijaman sekarang ini ucap BPOM

Sumber : health.detik.com

berita Berita Dunia Terbaru Berita hari ini Berita Indonesia Terbaru Berita Terkini berita terupdate Indoharian Politik Terkini Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply