HATI-HATI!! Sangat Berbahaya Jika Siap Sahur Langsung Tidur

1063 views
Luwakpoker

BERBAHAYA!! Siap Sahur Langsung Tidur Dapat Mengakibatkan Ini..

Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate, Politik, Berita Dunia Terbaru, Foto, Video, Ulasan Teknologi, Kesehatan, Alam dan Entertainment News

Indoharian – HATI-HATI!! Sangat Berbahaya Jika Siap Sahur Langsung Tidur

 

Indoharian, JAKARTA — Sangat banyak terdapat orang yg sudah siap sahur langsung tidur lagi sambil menunggu azan subuh di bulan Ramadan ini. Padahal cara ini sangat berbahaya lantaran dapat memicu gangguan pencernaan kita.

Ari Fahrial Syam yang merupakan Kedokteran dari Universitas Indonesia dan juga Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo atau RSCM telah mengatakan mereka yang langsung tidur setelah sahur dapat membuat asam lambung kita balik arah atau kembali ke kerongkongan ya pada akhirnya dapat menimbulkan masalah pada saluran cerna atas kita.

“Apabila kita sudah mempunyai penyakit maag, maka dengan kebiasaan ini dapat meningkatkan risiko terjadinya masalah pada lambung, seperti dispepsia,” kata Ari seperti dikutip dari keterangan tertulis Philips Indonesia.

Selain tidur siap sahur, maka ada sejumlah kebiasaan yg sangat berbahaya bagi kesehatan selama puasa ialah makan berlebihan pada saat berbuka, diikuti dgn merokok. Ari pun menyarankan agar berbuka puasa dgn porsi yang sedang.

Seperti dimulai dgn memakanan makanan ringan yang porsinya kecil, kemudian menunggu sampai sesudah salat Magrib sebelum melanjutkan makanan utama.

“Budaya balas dendam utk menggandakan makan siang dan makan malam saat berbuka itu harus dihindari,” ucapnya.

“Biasakan diri Anda untuk berhenti makan 2 jam sebelum tidur supaya pencernaan dapat bekerja dengan optimal.”

Selama menjalani puasa, Ari pun melanjutkan, org sering menghadapi masalah asam lambung. Meski itu bukan adalah penyakit mematikan tetapi dapat menimbulkan komplikasi yang di akibatkan oleh siap sahur langsung tidur.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Mau Tahu Alasan Emma Dipanggil Polisi?? Simak Penjelasannya!
Sudah Kewalahan! Surat Ahok Perharinya Diterima Mencapai…
Sandi Ingin Kalijodo Dikelola Seperti Las Vegas

 

Salah satunya implikasi dari penyakit lambung ialah GERD atau gastroesophageal reflux disease. Ini adalah penyakit pencernaan yg paling umum terjadi pada orang dewasa.

Gejala khas dari GERD ini adalah rasa panas pada dada seperti terbakar dan ada sesuatu yg balik arah seperti ada yg mengganjal, atau disebut juga sbg heartburn.

Heartburn yg berhubungan dgn GERD biasanya dialami sesudah makan. Gejala GERD lainnya merupakan suara serak, radang tenggorokan, batuk kering kronis, terutama di malam hari.

Menurut penjelasan dari Ari, penanganan penderita GERD pada prinsipnya dapat menghilangkan gejala dan mencegah terjadinya komplikasi. Hanya dengan cara mengubah gaya hidup, jika perlu melalui intervensi medis.

Pasien GERD ini pun disarankan utk tak mengkonsumsi daging dengan berlebihan dlm waktu singkat, dan tingkatkan konsumsi buah atau sayur.

Bagi yang menderita GERD ini pun disarankan untuk tdk mengkonsumsi daging dan jeroan pada saat yg bersamaan, tak mengkonsumsi makanan yg terlalu pedas & asam, kurangi kafein, alkohol, dan soda.

Sementara itu, jauhi stres dan kendalikan berat badan sampai mencapai indeks massa tubuh ideal, serta jauhi siap sahur langsung tidur, sebab ini bisa menyebabkan refluks pada asam lambung.

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

Alam dan Entertainment News Berita Dunia Terbaru Berita hari ini Berita Indonesia Terbaru Berita Terkini berita terupdate Foto Indoharian kesehatan Politik Siap Sahur Langsung Tidur Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com Ulasan Teknologi Video

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply