Ini 7 Makanan Enak Turunkan Kolesterol, Apa Sajakah???

153 views
Luwakpoker

7 Makanan Enak Turunkan Kolesterol

Berita Indonesia Terbaru, Terkini, berita terupdate, Indoharian, news, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Indoharian, news, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Berita Indonesia Terbaru, Terkini, berita terupdate, Indoharian, news, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Makanan Enak Turunkan Kolesterol

Indoharian – Ini 7 Makanan Enak Turunkan Kolesterol, Apa Sajakah???

INDOHARIAN.COM – Kadar kolesterol yang tak terkendali sangat berbahaya untuk kesehatan. Tujuh makanan enak turunkan kolesterol ini direkomendasikan ahli kesehatan agar dikonsumsi untuk bantu turunkan kolesterol dalam tubuh.

Konsumsi makanan yang tinggi lemak serta kalori sangat berpengaruh dengan peningkatan kadar kolesterol di dalam tubuh. Makanan yang tak cukup sehat menjadi ancaman untuk kesehatan tubuh melalui lonjakan kolesterol yang dapat dihasilkan.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
ABG Tangerang Tembak Kepala
Kronologi Anak Dituker Beras
Cole soal Ibrahimovic

Kolesterol yang ada di dalam tubuh sebenarnya terdiri dari kolesterol baik (HDL) dan kolesterol buruk (LDL). Kolesterol buruk ini menjadi jenis kolesterol yang sangat mudah dipicu lonjakannya melalui konsumsi makanan tinggi lemak jenuh dan berkalori.

Kadar kolesterol buruk yang terlalu tinggi begitu mengancam kesehatan terutama bagi kardiovaskular serta jantung yang adalah organ vital manusia dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Para ahli selalu mengingatkan agar rutin mengonsumsi makanan tinggi serat supaya lonjakan kolesterol bisa terhindar serta membantu melancarkan pencernaan supaya sisa makanan tak menumpuk oada tubuh serta membahayakan kesehatan.

Berikut ini 7 makanan enak turunkan kolesterol menurut Harvard Health (13/8):

1. Oatmeal

Oatmeal menjadi menu sarapan sederhana yang begitu disarankan sebab mengandung serat larut yang cukup tinggi serta sangat baik bagi tubuh. Konsumsi oatmeal di pagi hari diakui sangat baik dalam melancarkan pencernaan melalui seratnya dan dapat mencegah lonjakan kolesterol buruk di dalam tubuh.

Semangkuk oatmeal yang dikonsumsi pada pagi hari bisa mengasup 1-2 gram dan larut serta bila ditambahkan dengan buah-buahan seperti pisang atau strawberry, kandungan seratnya dapat bertambah hingga 0.5 gram. Ketika ahli nutrisi menyarankan untuk memenuhi serat harian sebanyak 20 sampai 35 gram dengan 5 sampai 10 gram diantaranya adalah serat larut.

2. Biji-bijian

Biji-bijian seperti kacang polong mempunyai serat larut yang sangat kaya di dalamnya. Biji-bijian jenis yang 1 ini juga mempunyai waktu yang cenderung lama untuk dicerna hingga bisa mempertahankan rasa kenyang lebih lama.

Para ahli menyarankan agar menambahkan satu sendok makan biji-bijian ke dalam makanan untuk memenuhi kebutuhan serat larut harian yang harus dipenuhi. Biji-bijian ini juga bisa didapatkan dengan beragam jenis yang mudah dipadukan dengan makanan lain seperti kacang polong, kacang merah, hingga lentil.

3. Kacang-Kacangan

Melalui penelitian yang sudah dilakukan oleh ahli, kacang-kacangan adalah bahan makanan berukuran kecil yang begitu kaya akan manfaat. Jenis-jenis kacang yang begitu disarankan misalnya kacang almond, walnut sampai kacang tanah yang ternyata sangat baik untuk kesehatan jantung serta kardiovaskular.

Setidaknya konsumsi 56 gram kacang-kacangan sehari sangat direkomendasikan oleh para ahli kesehatan. Jumlah tersebut dinilai sudah sangat cukup dalam membantu menurunkan kolesterol buruk serta memenuhi kebutuhan nutrisi harian supaya tetap tercukupi.

4. Minyak Sayur

Minyak sayur dinilai menjadi minyak yang lebih bagus agar digunakan memasak sebab kandungan nutrisi serta titik didihnya yang lebih tahan panas. Minyak sayur seperti minyak canola, minyak bunga matahari serta beragam jenis minyak sayur lainnya dinilai mempunyai nutrisi yang sangat baik sebab tak membuat kolesterol buruk melonjak.

Dalam memenuhi kebutuhan protein serta mineral yang hanya bisa didapatkan dari produk hewani, sumber minyak serta lemak hewani juga ada yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol buruk. Semua ahli kesehatan menyarankan agar sesekali menggunakan mentega, gajih atau shortening.

5. Buah-buahan

Seperti yang sudah diketahui, buah-buahan memang mempunyai kandungan vitamin, nutrisi serta mineral yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Salah satunya ialah buah-buahan yang kaya akan kandungan pektin untuk membantu mengendalikan kadar kolesterol buruk pada tubuh.

Buah-buahan seperti apel, anggur, strawberry serta buah yang cenderung asam sangat disarankan oleh ahli kesehatan sebab mempunyai kandungan pektin yang dinilai cukup baik. Jenis buah-buahan yang disebutkan diakui sangat kaya akan pektin serta serat larut yang ampuh untuk menurunkan kolesterol buruk.

6. Kacang Kedelai

Konsumsi kacang kedelai utuh maupun produk olahannya sangat disarankan agar menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Tahu, tempe sampai susu kedelai sebisa mungkin direkomendasikan agar dikonsumsi maupun ditambahkan ke dalam menu harian untuk menjaga kadar kolesterol supaya tetap stabil.

Para ahli kesehatan menemukan adanya pengaruh konsumsi kacang kedelai terhadap kolesterol. Hasilnya menunjukkan bahwa konsumsi 25 gram protein kedelai sehari bisa menurunkan sampai 5%-6% kadar kolesterol buruk pada tubuh.

7. Ikan

Konsumsi dua hingga tiga ekor ikan per minggu dikaitkan dengan penurunan kolesterol buruk yang cukup signifikan. Konsumsi ikan dikatakan ampuh untuk menggantikan konsumsi daging merah dengan kandungan protein yang hampir setara, tetapi tidak meningkatkan kadar kolesterol yang datang dari kandungan lemak jenuh pada daging merah.

Makanan enak turunkan kolesterol, Konsumsi ikan juga dikatakan lebih sehat karena mengandung lemak omega-3 yang sangat sehat. Lemak omega-3 ini baik untuk menekan kenaikan trigliserida yang pada aliran darah dan juga menjaga jantung dari aktivitas abnormal yang dapat membahayakan.

Sumber: Detik

Berita Dunia Terbaru Berita hari ini Berita Indonesia Terbaru Berita Terkini berita terupdate Indoharian Makanan Enak Turunkan Kolesterol news Politik Terkini Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply