Jokowi Resmikan Tol Serpong-Cinere dan Cengkareng-Kunciran

44 views
Luwakpoker

Presiden Jokowi Resmikan Tol Untuk melengkapi Struktur Jaringan Jalan Di Kawasan Metropolitan Jabodetabek

Berita Indonesia Terbaru, Terkini, berita terupdate, Indoharian, news, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Indoharian, news, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Jokowi Resmikan Tol

IndoharianJokowi Resmikan Tol Serpong-Cinere dan Cengkareng-Kunciran

INDOHARIAN – Presiden Jokowi Resmikan Tol Serpong – Cinere yang melintas sepanjang 10,14 km pada hari ini, Kamis, 1 April 2021. Jalan tol ini adalah bagian dari ruas tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II.

Jalan tol ini dibagi menjadi seksi 1 ruas Serpong IC – Pamulang IC sepanjang 6,5 km, dan seksi 2 ruas Pamulang IC – Cinere IC sepanjang 3,64 km. Konstruksi untuk seksi 2 yang sudah ditargetkan selesai pada 2023.

Selain itu, Jokowi Resmikan Tol Cengkareng – Batuceper – Kunciran sepanjang 14,19 km.

“Alhamdulillah, Jalan Tol Serpong – Cinere Ruas Serpong – Pamulang sepanjang 10,1 km, dan jalan tol Cengkareng – Batuceper – Kunciran sepanjang 14,19 km juga sudah selesai dan sudah dapat digunakan,” kata Jokowi dalam acara peresmian jalan tol yang ditayangkan melalui YouTube Sekretariat Presiden pada Kamis (1/4/2021).

Jokowi juga mengatakan, jalan tol ini adalah bagian dari JORR II untuk melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan metropolitan Jabodetabek dan akan melengkapi ruas tol JORR II di sisi barat.

“Pengoperasian jalan tol ini juga sangat dinantikan oleh semua masyarakat, terutama masyarakat Tangerang dan Tangerang Selatan karena dapat menjadi jalur alternatif untuk masyarakat khususnya masyarakat Jawa Barat dan Jakarta bagian selatan untuk menuju Bandara Soekarno Hatta,” jelasnya.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Persidangan Rizieq Disambut Gerimis Di Area Persidangan!
Otak Pencurian Rumah Kedoya, Sudah Di…
Ngeri, Potongan Tubuh Pelaku Bom Makassar Ditemukan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono juga langsung meninjau kesiapan Jalan Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran sepanjang 14,19 km dan Tol Serpong–Cinere Seksi I Serpong Pamulang sepanjang 6,5 km pada Selasa sore (30/3/2021).

Kedua ruas tol yang merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR II) yang dibangun untuk melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Metropolitan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi) rencananya akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, Kamis (1/4/2021).

Menteri Basuki didampingi Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit dan Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja untuk pertama kalinya meninjau lokasi Gerbang Tol (GT) Husein Sastranegara Jalan Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran dan dilanjutkan ke GT Pamulang.

“Dengan harapannya jalan tol ini bisa segera beroperasi karena sudah ditunggu masyarakat,” kata Menteri Basuki dalam keterangannya, Rabu (31/3/2021).

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja yang juga juru bicara Kementerian PUPR juga mengatakan, jalan tol ini akan melengkapi ruas tol JORR II di sisi Barat, yang sudah dinantikan masyarakat Tangerang dan Tangerang Selatan.

“Ini juga menjadi jalur alternatif lain dari Jawa Barat dan Jakarta bagian Selatan untuk menuju Bandara Soekarno Hatta,” tutur Endra.

Untuk Jalan Tol Cengkareng – Batu Ceper – Kunciran, Endra menyatakan secara keseluruhan fungsi badan utama jalannya sudah selesai dan berfungsi dengan baik. “Tinggal perapihan (finishing) di beberapa titik seperti guard rail dan marka jalan, tidak mengganggu fungsi utama tol dari gate ke gate,” ujarnya.

Jokowi Resmikan Tol dan berdasarkan data progres konstruksi Jalan Tol Cengkareng – Batu Ceper – Kunciran saat ini telah mencapai 94,08 %. Ruas tol ini dikelola oleh PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (JKC) dengan biaya konstruksi sebesar Rp 1,96 triliun.

Sumber : Liputan6

Berita Dunia Terbaru Berita hari ini Berita Indonesia Terbaru Berita Terkini berita terupdate Indoharian Jokowi Resmikan Tol news Politik Terkini Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply