Sedang Viral, Ini Dia Roti Ubi Ungu Korea

333 views
Luwakpoker

Roti Ubi Ungu Korea Yang Sedang Viral

Berita Indonesia Terbaru, Terkini, berita terupdate, Indoharian, news, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Indoharian, news, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Ubi Ungu Korea

INDOHARIAN.COM – Setelah Korean garlic cheese bread, saat ini telah muncul makanan Korea Selatan lainnya yaitu Korean sweet potato bread atau roti ubi ungu Korea.

Roti ubi ungu Korea dikenal juga dengan nama goguma ppang. Yang Artinya dalam bahasa Korea, goguma berarti ubi jalar, sedangkan ppang berarti roti.

Seperti namanya, roti ubi ungu Korea tersebut mempunyai bentuk yang layaknya seperti ubi jalar yang telah matang berwarna keunguan. Bedanya, goguma ppang juga merupakan perpaduan roti yang telah dibuat kenyal seperti mochi dengan isian berupa ubi.

Pada Korea, kulit roti terbuat dari Pine Soft T/202 serta pewarna makanan. Bubuk tersebut dappat diganti dengan tepung tapioka serta juga tepung ketan.

Sedangkan isinya adalah ubi manis yang telah direbus serta dihancurkan. Beberapa menambahkan isian keju mozarella atau cokelat untuk memperkaya rasa.

Resep dan Cara Membuat Roti Ubi Ungu ala Korea
Jika Moms sulit menemukan kue ini di sekitar tempat tinggal, Moms bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Berikut resepnya.

Bahan-bahan

– 3 sdm tepung tapioka

– 1 sdm tepung ketan

– 3 sdm tepung terigu serba guna

– 2 sdm gula pasir

– ¼ sdt garam

– 1 butir telur ayam

– 50 ml susu cair hangat

– 1 sdm minyak sayur

– 1 sdm madu

– 1 sdm mentega

– 2 sdm tepung ubi ungu

– 1/4 kg ubi madu/cilembu

– 2 sdm susu cair

– 1 sdm margarin

– 1 sdm susu bubuk

– 1 sdm kental manis

– 2 sdm maizena

Pertama, campurkan tepung tapioka, tepung ketan, gula, garam dan telur. Lalu aduk hingga merata.

Kedua, jika adonan sudah merata, tambahkan susu cair hangat, minyak sayur, dan madu ke campuran adonan tersebut. Lalu aduk lagi hingga merata.

Ketiga, masukkan mentega dan terigu lalu aduk hingga adonan berubah bentuk.

Keempat, diamkan adonan di dalam kulkas selama 1 jam dan tutup dengan plastik atau cling wrap.

Sembari menunggu adonan, Moms bisa mengisi waktu dengan membuat isian roti ubi. Pertama, rebus ubi hingga empuk dan haluskan dengan saringan.

Kedua, setelah tekstur ubi lebih halus, masukkan susu cair, susu bubuk, kental manis, garam, dan mentega lalu aduk hingga merata.

Ketiga, tambahkan tepung maizena dan aduk hingga merata. Agar isian memiliki rasa yang lezat, cicipi adonan dan tambahkan bahan-bahan lain sesuai selera

Memanggang Roti

Jika sudah selesai membuat isian, cek kondisi roti di dalam kulkas dan keluarkan. Bagi adonan menjadi 6-8 bagian atau sekitar 40-50 gram. Bulatkan adonan dan pipihkan. Kemudian isi dengan isian ubi yg sudah dibuat, lalu rekatkan adonan.

Lalu, letakan adonan yang sudah dibentuk seperti ubi di piring yang sudah ada tepung ubi dan pastikan roti ubi tertutup rata.

Selanjutnya beri goresan-goresan agar terlihat seperti ubi asli dan panggang di suhu 160-170 celcius selama 20-30 menit. Kini roti ubi siap disantap selagi hangat. Selamat mencoba di rumah ya, Moms!

Perpaduan dari berbagai bahan tersebut menciptakan rasa yang sangat unik. Ketika memakannya pada keadaan hangat, rasa roti yang kenyal berpadu dengan ubi yang manis dan keju yang lumer.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Selebgram Cantik Asal Bali
Sosok Penantang Marquez
Emil singgung Rizieq

Berdasarkan sejumlah pemberitaan, goguma ppang tersebut juga sangat populer di Korea. Toko-toko yang telah menjual goguma ppang selalu dapat dipenuhi antrian.

Pada Indonesia, resep roti ubi ungu Korea tersebut banyak dibuat ulang serta juga dijual. Kebanyakan toko roti menjual goguma ppang secara online melalui media sosial maupun e-commerce. Sejumlah toko roti juga menerapkan sistem pre-order 2-14 hari untuk memesan roti ubi ungu Korea yang saat ini tengah viral.

Harga yang roti diperkirakan berkisar mulai dari Rp40 ribu sampai pada Rp100 ribu untuk satu porsi yang rata-rata berisi 4-5 roti.

Sudah pernah mencoba roti ubi ungu Korea viral ini? bagaimana pendapat Anda?

Sumber: Cnnindonesia.com

Berita Dunia Terbaru Berita hari ini Berita Indonesia Terbaru Berita Terkini berita terupdate Indoharian news Politik Terkini Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com Ubi Ungu Korea

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply