WOW! Penampakan Hujan Meteor Geminid Bisa Di Lihat Malam Ini

64 views
Luwakpoker

Lembaga Penerbangan Dan Antariksa Nasional (LAPAN) Mengatakan Hujan Meteor Geminid Akan Dapat Dilihat Pada Malam Ini

Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Indoharian, news, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Hujan Meteor Geminid

Indoharian – WOW! Penampakan Hujan Meteor Geminid Bisa Di Lihat Malam Ini

INDOHARIAN.COM – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengatakan Hujan Meteor Geminid akan menemani masyarakat Indonesia pada malam ini.

“Hujan meteor Geminid memiliki nama itu karena terlihat memancar dari arah rasi Gemini yang memang tampak paling jelas hari ini, dia terbit dari jam enam sore sampai jam enam pagi,” ujar Rorom, Jumat, 13 Desember 2019.

Meskipun bisa dilihat, sinar Hujan Meteor Geminid diprediksi akan redup dan tidak terlalu jelas akibat sinar bulan purnama dan cuaca mendung di Indonesia.

“Memang cukup sulit karena sudah masuk musim hujan dan puncak Geminid kali ini berdekatan dengan bulan purnama. Terang bulan akan mengaburkan kenampakan meteor redup,” kata Peneliti LAPAN Rorom Priyatikanto.

Rorom mengungkapkan intensitas meteor Geminid cukup tinggi dengan 60 meteor melintas per jam. Akan tetapi, Rorom menjelaskan puncak Geminid bersamaan dengan bulan purnama.

Bulan purnama akan membuat langit menjadi lebih terang sehingga hujan meteor yang akan terlihat hanya sekitar 20 meteor per jam.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Tengkorak Asmat Papua
Angin Puting Beliung Kepri
Bonus SEA Games Dinaikkan

Tidak hanya itu, kondisi cuaca Indonesia yang saat ini memasuki musim hujan membuat probabilitas kondisi untuk melihat hujan meteor dengan kondisi cerah itu lebih rendah, terutama di akhir bulan Desember dan awal Januari 2020.

“Jangan berharap sering melihat hujan meteor yang tampak dan pengamatan hujan meteor itu memang harus sabar,” ujar dia.

“Bisa dilihat di mana saja asalkan langit cerah. Bisa sepanjang malam,” ucapnya.

Dilansir dari Space, puncak meteor Geminid akan terjadi pada hari Jumat (13/11) dan Sabtu (14/12). Ironisnya, bulan purnama juga turut menghiasi langit Indonesia malam ini.

Bulan akan menerangkan sinar yang lebih kuat 600 kali lipat dari pada Venus. Bulan akan muncul seperti sorotan di tengah konstelasi Gemini.

Hujan meteor diperkirakan akan terjadi di arah rasi Gemini yang pada pukul 18.00 sampai 21.00 akan berada di arah timur, jika tengah malam rasi itu akan berada tepat di atas sementara dan lewat pukul 00.00 akan bergerak ke sebelah barat.

Cahaya bulan akan menyembunyikan semua meteor kecuali meteor-meteor yang paling terang. Biasanya Hujan Meteor Geminid akan terlihat 120 meteor lebih per jamnya.

Sumber: CNNIndonesia

texaspoker2

Berita Dunia Terbaru Berita hari ini Berita Indonesia Terbaru Berita Terkini berita terupdate Hujan Meteor Geminid Indoharian news Politik Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com

Author: 
    author

    Related Post

    Viral88poker

    Leave a reply