Aksi Pembakaran Alquran di Swedia Tuai Kecaman

14 views
Mantratoto

Aksi Pembakaran Alquran di Swedia Tuai Kecaman

Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Indoharian, news, Politik, Terkini, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com

IndoHarianpembakaran Alquran di Swedia ,Sebuah aksi demonstrasi dari pihak anti-Turki dan juga upaya dari Swedia untuk bergabung dengan NATO yang terjadi di Stockholm diwarnai dengan pembakaran salinan kitab suci Alquran. Aksi membakar Alquran  tersebut tentu saja meningkatkan ketegangan antara Swedia dengan Turki yang sedang membutuhkan dukungan Ankara untuk masuk ke dalam aliansi militer.

Kami mengutuk sekeras mungkin atas aksi serangan keji terhadap kitab suci kami… Mengizinkan tindakan anti-Islam ini, yang tujuannya menargetkan umat Islam dan juga menghina nilai-nilai suci kami, dengan kedok kebebasan berekspresi sama sekali hal tersebut tidak dapat diterima. Ujar Kementerian Luar Negeri Turki, Minggu (22/1/2023).

Pernyataan tersebut dikeluarkan Turki setelah seorang politisi anti-imigran yang berasal dari pihak sayap kanan membakar salinan Alquran Ketika demontrasi di dekat Kedutaan Besar Turki di Stockholm.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Sejarah Barongsai di Indonesia, Jadi cabang Olahraga
Minuman Keberuntungan Saat Imlek Ini Wajib Ada
Shio Yang Ditakdirkan Sukses di Tahun Kelinci Air

Kementerian Luar Negeri Turki pun kemudian mendesak agar Swedia untuk segera mengambil tindakan yang diperlukan terhadap para pelaku pembakaran Alquran di Swedia tersebut dan turut mengundang semua negara untuk mengambil langkah nyata melawan aksi Islamofobia.

Aksi demontrasi protes terpisah juga turut terjadi di kota yang mendukung Kurdi yang ikut menentang tawaran Swedia untuk bergabung dengan NATO. Sekelompok demonstran pro-Turki juga langsung mengadakan rapat. Ketiga acara tersebut dikatakan telah memiliki izin polisi.

Menteri Luar Negeri Swedia Tobias Billstrom mengeluarkaan pernyataan bahwa aksi provokasi Islamofobia itu sangat meresahkan.

Swedia sendiri memiliki kebebasan berekspresi yang luas, namun itu tidak berarti bahwa Pemerintah Swedia, atau saya sendiri, mendukung pendapat yang diungkapkan tersebut. Kata Billstrom di Twitter.

Aksi pembakaran Alquran diketahui dilakukan oleh Rasmus Paludan, yang merupakan seorang pemimpin partai politik sayap kanan Denmark Garis Keras. Paludan, yang juga berkewarganegaraan Swedia tersebut, pernah menggelar sejumlah aksi demonstrasi di masa lalu, di mana dia juga membakar kitab suci Alquran.

Paludan hingg kini masih tidak dapat dihubungi melalui surat elektronik atau email untuk dimintai komentarnya. Dalam izin yang diperolehnya dari polisi, dikatakan protesnya memang dilakukan terhadap Islam dan jgua apa yang disebut dengan upaya dari Presiden Turki Tayyip Erdogan untuk mempengaruhi kebebasan berekspresi masyarakat di Swedia.

Beberapa negara Arab termasuk Arab Saudi, Yordania dan Kuwait dan masih banyak lagi turut mengecam aksi pembakaran Alquran di Swedia tersebut.

Arab Saudi menyerukan agar selalu menyebarkan nilai-nilai dialog, toleransi, dan hidup berdampingan, serta menolak adanya kebencian dan ekstremisme. Kata Kementerian Luar Negeri Saudi.

Sumber: Detik.com

Berita Dunia Terbaru Berita hari ini Berita Indonesia Terbaru Berita Terkini berita terupdate Indoharian news Politik Terkini Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply