Bupati Bogor Ade Yasin Terjaring OTT KPK

269 views
Mantratoto

Bupati Bogor Ade Yasin Terjaring OTT KPK Karena Adanya Kasus Suap

Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Indoharian, news, Politik, Terkini, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com

Bupati Bogor Ade Yasin Terjaring OTT KPK

INDOHARIAN – Bupati Bogor Ade Yasin Terjaring OTT, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Bupati Bogor Ade Yasin sebagai tersangka dengan adanya kasus suap terkait dari pengurusan audit laporan keuangan di Pemerintah Kabupaten Bogor.

Ade Yasin Terjaring OTT dan ditetapkan sebagai tersangka bersama beberapa orang lainnya Sekdis Dinas PUPR Kabupaten Bogor Maulana Adam, Kasubid Kas Daerah BPKAD Kabupateb Bogor Ihsan Ayatullah, dan PPK pada Dinas PUPR Kab. Bogor Rizki Taufik. Selain itu, KPK saat ini juga menetapkan empat pegawai dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan dari Jawa Barat yang menjadi tim auditor pemeriksa laporan keuangan Pemkab Bogor.

Mereka adalah Anthon Merdiansyah selaku Pegawai dari BPK Perwakilan Jawa Barat/Kasub Auditorat Jabar III/Pengendali Teknis, Arko Mulawan selaku pegawai BPK Perwakilan Jawa Barat/Ketua Tim Audit Interim Kabupaten Bogor, Hendra Nur Rahmatullah Karwita merupakan pegawai BPK Perwakilan Jawa Barat/Pemeriksa, Gerri Ginajar Trie Rahmatullah adalah pegawai BPK Perwakilan Jawa Barat/Pemeriksa. “Tersangka sebagai pemberi AY (Ade Yasin) Bupati Kabupaten Bogor 2018-2023,” ucap Ketua KPK Firli Bahuri dalam pertemuan konferensi pers, di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, pada hari Kamis (28/4/2022) dini hari.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Penangkapan Perampok DiTol Pasir Koja, Polisi Lepaskan Tembakan Peringatan
Kemacetan Parah Pelabuhan Merak, Antre 4 Jam di Pintu Masuk
Inilah 5 Hal Tentang Penyebab Pusing Bangung Tidur

Adapun kasus suap ini bermula saat Bupati Bogor Ade Yasin Terjaring OTT karena telah membuat laporan keuangan Pemkab Bogor kembali meraih predikat yang wajar tanpa pengecualian (WTP). Ade juga sebelumnya telah mendapatkan berbagai laporan bahwa laporan keuangan Pemkab Bogor sangat jelek dan juga bisa berdampak pada kesimpulan disclaimer. Ade pun juga meminta agar diupahkan oleh Pemkab Bogor kembali meraih predikat WTP.

Hal inilah yang kemudian membuat anak buah dari Ade langsung bergerak untuk melakukan kongkalikong dengan auditor BPK Perwakilan Jawa Barat untuk memuluskan predikat WTP itu. Baca juga: Bupati Bogor Ade Yasin Perintahkan Anak Buah Suap Auditor BPK demi Predikat WTP Tim audtor sejak awal untuk disusun dan dikondisikan hanya untuk memeriksa SKPD tertentu yang tidak membuat laporan keuangan Pemkab Bogor menjadi sangat jelek. Namun, dalam pelaksanaan audit itu, SKPD yang diperiksa auditor BPK juga telah menemukan kalau saat itu adanya kejanggalan dalam proyek pembangunan jalanan di kawasan Pakansari yang bernilai Rp 96,4 miliar di Dinas PUPR.

 

Sumber : Kompas

Berita Dunia Terbaru Berita hari ini Berita Indonesia Terbaru Berita Terkini berita terupdate Indoharian news Politik Terkini Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply