Buset! Restoran Non Muslim Ini Mempunyai Alasan Yang Bikin Shock

1774 views
Luwakpoker

Hebohkan Netizen! Restoran Non Muslim di Pekan Baru Ini Membuat Netizen Gagal Paham, Begini Alasannya!

Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate, Politik, Berita Dunia Terbaru, Foto, Video, Ulasan Teknologi, Kesehatan, Alam dan Entertainment News

Indoharian – Buset! Restoran Non Muslim Ini Mempunyai Alasan Yang Bikin Shock

 

Indoharian, JAKARTA — Apabila anda tiba di Pekanbaru, Riau, jangan cepat tersinggung jika melihat spanduk di sejumlah rumah makan atau restoran non muslim pada saat bulan Ramadan.

Ya, sama seperti yg dialami oleh pengguna akun jejaring sosial Twitter @maman1965 yg telah menemukan hal mengejutkan pada saat yiba di Pekanbaru, Riau.

“Tiba di Pekan Baru….. Khusus non-muslim (yang tdk berpuasa),” kicau akun @maman1965.
Di wilayah tsbt, sejumlah rumah makan yg berjualan di bulan Ramadan pun telah memasang spanduk yang bertuliskan seperti ini:

“RESTORAN/RUMAH MAKAN NON-MUSLIM, BAGI UMAT MUSLIM DILARANG MASUK.”

Diunggah juga, sejumlah foto rumah makan yg telah memasang spanduk tsbt.

Rupanya, praktik pemasangan spanduk yg seperti ini merupakan program Pemerintah Kota Pekanbaru, Riau dan sudah biasa terlihat di wilayah itu.

Hal itu pun dijelaskan oleh pengunggah foto tsbt akun @maman1965 dan telah dikonfirmasi oleh warga Pekanbaru sendiri.

Hal tsbt awal mulanya dari pertanyaan seorang netizen dengan pengguna akun @martinbob80.

“@maman1965 itu yg bikin pemkotnya ya kang?? spanduknya editable tuh bisa dispin kl yg muslim nggak boleh masuk ke situ (di luar bln puasa),” kicau akun @martinbob80.

Pertanyaan itu pun telah dijawab oleh akun @maman1965.

“@martinbob80 Pemko yg bikin. Gak usah berpikir akan dispin, kt hrs selalu berpraduga baik saja,” cuitnya.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Fadli Zon: Jokowi Harus Turun Tangan Dalam Menghentikan Kasus Ulama
Mengharukan! Mengenai Kematian Jupe, Dewi Persik Bersedia Menjadi..
Sumpah Sedih Banget! Begini Cerita Nia Tentang Foto Terakhir Bersama Jupe

 

Akun @martinbob80 kemudian kembali mengimbangi, “Siap kang!! hanya perlu agak was2 aja ama kalimatnya gampang bgt disalah artikan soalnya.”

Kemudian, pernyataan itu pun ditanggapi oleh @maman1965, “@martinbob80 Dimana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Warga sini semua sudah sangat paham.”

Rupanya, spanduk restoran non muslim itu adalah bentuk izin operasional dari Pemkot Pekanbaru kepada 135 rumah makan dan restoran non muslim utk bisa buka pada siang hari pada saat bulan Ramadan tahun ini.

“Angkanya pun terus bertambah seiring dengan waktu, sampai kemaren sudah 135 izin rumah makan dan restoran non muslim yg kami terbitkan,” ucapa Kepala Badan Pelayanan Terpadu Penanaman Modal Kota Pekanbaru Kota Pekanbaru M. Jamil.

Jamil pun menjelaskan tentang penerbitan izin RM non muslim yang dikeluarkan ini sesuai dgn kebijakan bersama Pemko dgn berbagai unsur utk menertibkan jam operasional tempat makan saat siang hari selama Ramadan.

Meskipun proses izin itu tak dipungut biaya, pemilik restoran pun harus melampirkan fotokopi KTP, pas foto, fotocopy izin usahanya juga harus memasang spanduk yang berukuran 1X4 meter dgn tulisan restoran atau rumah makan nonmuslim.

Artinya bagi yg tetap buka harus sesuai persyaratan yg telah ditetapkan oleh Pemkot, dan sudash memiliki izin.

Tujuan dilakukan hal tsbt adalah untuk menghargai masyarakat yg menjalankan ibadah puasa selama Ramadan.

“Bagi yang membuka maka harus mengurus izin ke BPTPM, apabila tdk maka ilegal dan patut ditertibkan,” tegas dia.

Ia pun menjelaskan selain izin bagi RM dan restoran yg tetap buka di siang hari saat bulan Ramadan maka harus secara transparan mencantumkan spanduk bertuliskan “Rumah Makan atau restoran non muslim“. dan hasilnya, mereka yg masuk ke sana pun benar-benar sesuai dengan ketentuan.

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

Alam dan Entertainment News Berita Dunia Terbaru Berita hari ini Berita Indonesia Terbaru Berita Terkini berita terupdate Foto Indoharian kesehatan Politik Restoran Non Muslim Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com Ulasan Teknologi Video

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply