Habib Rizieq Shihab Bebas Bersyarat Hari Ini

18 views
Luwakpoker

Habib Rizieq Shihab Bebas Bersyarat Hari Ini

Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Indoharian, news, Politik, Terkini, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com

Habib Rizieq Shihab Bebas Bersyarat Hari Ini

INDOHARIAN – Hari ini dikabarkan Habib Rizieq Shihab Bebas Bersyarat usai menjalani masa hukumannya tersebut sejak Desember 2020 silam.

Kabar yang telah beredar sejauh ini, memang benar bahwasanya Habib Rizieq akan bebas pada Rabu 20 Juli 2022 sekitar pukul 17.00 WIB.

Meski begitu hingga sekarang masih ini belum ada keterangan yang pasti atau resmi dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM).

Hanya saja telah beredar sebuah foto Habib Rizieq Shihab Bebas yang terlihat sedang menjalani proses pembebasan, Pada hari Selasa, 20 Juli 2022.

Terkait hal itu Ahli Hukum Tata Negara Refly juga mengaku bahwa dia telah mengkonfirmasi kabar tersebut kepada sang kuasa hukum dari Habib Rizieq, yakni Aziz Yanuar.

“Beliau saat itu juga tidak mengiyakan atau menolak sedikitpun, hanya membalas dengan menjawab Insya Allah.

Habib Rizieq Shihab dihukum dalam kasus petamburan selama 8 bulan lamanya. Untuk kasus Megamendung dia hanya denda sebesar Rp20 juta. Sedangkan kasus RS Ummi dihukum 2 tahun lamanya.

Kenapa bisa bebas, lanjut dia, karena menjalani bebas bersyarat. Sedangkan Bebas bersyarat itu bisa diajukan setelah menjalani dua per tiga masa hukumannya.

Habib Rizieq saat itu mulai ditahan pada tanggal 13 Desember maka Agustus 2021 telah menghabiskan masa tahanan tersebut.

Dua kali melakukan remisi untuk Idul Fitri di tahun 2021 dan 2022 dan dua kali remisi Hari Kemerdekaan sehingga totalnya mendapatkan remisi selama kurang lebih 60 hari.

Jadi yang tadinya harus menjalani masa tahanan 24 bulan dengan adanya remisi tersebut maka masa penahanannya berkurang menjadi 22 bulan.

“Nah kalau masa tahanan dua per tiga sudah selesai di jalani, itu sebenarnya sudah bisa mengajukan bebas bersyarat,” katanya.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
RKUHP Rugikan Jurnalis Benarkah ?
IHSG Berpotensi Naik Tinggi, Ini Rekomendasinya
Terungkap Fakta Baru Penculikan Bayi Di Tambora

Dengan demikian, ia juga berharap Habib Rizieq akan bebas dengan bersyarat hari ini.

Kabar bebasnya sosok Habib Rizieq ini bermula dari adanya sebuah foto yang beredar di social media. Habib Rizieq terlihat sedang berfoto dengan sejumlah petugas dan melakukan prosedur kebebasan.

Foto tersebut juga saat ini telah beredar di media sosial dan grup WhatsApp.

Selama menjalani proses penyidikan hingga persidangan di tingkat peradilan pertama di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Habib Rizieq saat itu telah divonis empat tahun penjara lamanya, lebih rendah dari tuntutan enam tahun penjara dari Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Habib Rizieq Shihab Bebas setelah dinyatakan telah bersalah karena telah menyebarkan berita bohong atau hoax yang berkaitan dengan hasil tes swab dalam kasus RS Ummi hingga menimbulkan keonaran pada Kamis, 24 Juni 2021.

Sumber : GalaMedia

Berita Dunia Terbaru Berita hari ini Berita Indonesia Terbaru Berita Terkini berita terupdate Indoharian news Politik Terkini Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply