Jokowi Soal Rektor UIII, Ini Alasan Jokowi Menunjuk Komaruddin

725 views
Mantratoto

Jokowi Soal Rektor UIII, Penunjukan Komarudin Tertuang Dalam Keputusan Presiden Nomor 37/M Tahun 2019

Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Indoharian, news, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com

IndoharianJokowi Soal Rektor UIII, Ini Alasan Jokowi Menunjuk Komaruddin

 

Indoharian – Presiden Jokowi soal Rektor UIII menunjuk Komaruddin di periode 2019-2024. Penunjukan Komarudin terdapat dalam Keputusan Presiden Nomor 37/M Tahun 2019. Komarudin secara resmi menunggu dilantik Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

“Penunjukan Keppres sudah keluar, tapi belum dilantik oleh Menag,” kata Komarudin, Kamis (6/6). Komarudin mengatakan secara administrasi UIII berada di bawah wewenang Kementerian Agama (Kemenag). Ia berharap kampus yang terletak di Cimanggis, Depok, Jawa Barat itu sudah dibuka pada tahun 2020.

“Tahun 2020 diharapkan sudah bisa dibuka. Semua mahasiswa disediakan dormitory. Juga ada perumahan dosen,” ujarnya.

“Alasan pertama, Prof Komaruddin sudah pernah menjadi rektor di UIN Jakarta dan sukses membawa universitas itu menjadi salah satu universitas Islam terbaik di Indonesia,” ujar Siti, Selasa (4/6/2019).

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Karangan Bunga Dari Megawati Penuhi Kediaman SBY Di Cikeas
Golkar Sindir Gerindra Soal Tawaran Jokowi, Ini Jawaban Gerindra
Gerindra Soal Ditawari Menteri, Andre: Bukan Urusan Kami

Menurutnya, Jokowi soal Rektor UIII hanya memiliki program Postgraduate Magister (S2) dan Doktoral (S3), sehingga tidak banyak mahasiswanya. Ia menyebut 5 tahun ke depan jumlah mahasiswa di bawah 5000.

Komarudin sebelumnya pernah menjabat sebagai rektor UIN Syarif Hidayatullah 2006-2015. Sebelumnya, Jokowi menginginkan UIII yang menjadi pusat kajian peradaban Islam di Indonesia.

Perencanaan pembangunan kampus UIII telah dilakukan sejak tiga tahun lalu lewat Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 57 Tahun 2016 tentang Pendirian UIII pada 29 Juni 2016.

Pembangunan yang direncanakan dapat selesai dalam empat tahun ini memakan biaya sekitar Rp3,5 triliun. Tahap pertama, pemerintah disebut akan menganggarkan Rp700 miliar sehingga tahun depan kampus mulai beroperasi.

Harapannya, UIII akan menjadi pusat kajian, penelitian dan implementasi peradaban Islam wasathiyah atau Islam moderat, baik di Indonesia, maupun dunia.

Jokowi soal Rektor UIII hanya memiliki program Postgraduate Magister (S2) dan Doktoral (S3). Tahun depan, tiga mata kuliah akan mulai dibuka dan beroperasi yakni Studi Islam, Edukasi, dan Ilmu Politik. Mata kuliah lainnya yang menyusul seperti Humaniora, Ilmuā€ilmu Sosial, Sains dan Teknologi, Ekonomi dan Keuangan, Pendidikan, serta Applied dan Fine Arts.

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

Berita Dunia Terbaru Berita hari ini Berita Indonesia Terbaru Berita Terkini berita terupdate Indoharian Jokowi Soal Rektor UIII news Politik Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply