Kabar Terkini, Max Sopacua Meninggal Dunia

14 views
Luwakpoker

Max Sopacua Meninggal Dunia Akibat Menderita Sakit Paru-paru

Berita Indonesia Terbaru, Terkini, berita terupdate, Indoharian, news, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Indoharian, news, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Berita Indonesia Terbaru, Terkini, berita terupdate, Indoharian, news, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Kandungan Max Sopacua Meninggal Dunia

Indoharian – Kabar Terkini, Max Sopacua Meninggal Dunia

INDOHARIAN – Kabar duka datang dari Partai Demokrat (PD). Salah satu tokoh yang ikut andil membesarkan Partai Demokrat, Max Sopacua Meninggal Dunia. Max Sopacua mengembuskan napas terakhir di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.

Putra Max Sopacua, Ferro Sopacua, mengungkapkan bahwa sang ayah sudah meninggal karena menderia sakit paru-paru. Politikus bernama asli H Zulkifli itu meninggal pagi tadi, pukul 05.35 WIB.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
CR7 ajukan Zinedine Zidane
Nana Komatsu Menikah
7 Cara Mengobati Sariawan

“Ada masalah yang cukup berat di paru-paru almarhum hampir 3 minggu di RSPAD. Kami masih di RSPAD masih disiapkan untuk diberangkatkan ke rumah duka di Bogor,” kata Ferro saat dimintai konfirmasi, Rabu (17/11/2021).

Dari RSPAD Gatot Soebroto, jenazah Max Sopacua Meninggal Dunia dibawa ke rumah duka yang berlokasi di Jalan Kepatihan Nomor 06 Kelurahan Kebon Kelapa, Kota Bogor. Jenazah Max Sopacua tiba di rumah duka pukul 10.00 WIB.

Kedatangan jenazah Max Sopacua disambut dengan isak tangis keluarga. Setiap anggota keluarga secara bergantian menatap wajah politikus senior itu untuk terakhir kalinya. Mereka berdoa untuk kebaikan Max Sopacua.

Almarhum sejak 1980-an menghuni rumah di Jalan Kepatihan Nomor 06 itu. Di mata masyarakat setempat, Max Sopacua adalah warga yang mudah bersosialisasi tanpa membedakan diri bahwa ia pejabat.

“Pak Sopacua memang orang baik, bersosialisasi terus, tanpa membedakan dia itu pejabat dan orang sini orang biasa,” sebut ketua RT setempat, Noviana, saat ditemui di rumah duka.

“Sudah lama dia tinggal disini. Beliau sama warga itu dekat ya, jadi tidak ada batasan. Sudah sejak 1980-an ya. Sama almarhum istrinya dia tinggal di sini,” imbuhnya.

Max Sopacua dimakamkan di pemakaman umum Desa Ciomas Rahayu, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor. Memantau langsung proses pemakaman Max Sopacua. Mantan penyiar TVRI itu sudah dimakamkan di sebelah makam istrinya, Tuti Irwatie.

Sebelum meninggal, Max Sopacua juga sempat meminta maaf kepada keluarga dan teman-temannya. Permintaan maaf itu menjadi kalimat terakhir yang terekam di ingatan Ferro Sopacua.

“Yang pasti ayah saya meminta maaf kepada semua pihak yang ia kenal. Itu sempat dikatakan ketika ayah saya sempat masih bisa komunikasi dan meminta maaf kepada seluruh, kepada kami sekeluarga, dan tentunya kepada temannya yang tidak bisa beliau sebutkan satu-satu,” ungkap Ferro di rumah duka.

“Jadi untuk semua orang, beliau langsung menyampaikan itu. Kalimat terakhirnya yang terekam di pikiran saya itu, permohonan maaf,” Ferro menambahkan.

Ucapan belasungkawa dari Partai Demokrat disampaikan langsung oleh Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) selaku ketua umum. Putri almarhumlah yang memberikan informasi kepada AHY bahwa Max Sopacua tutup usia.

“Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Turut belasungkawa atas wafatnya Bapak Max Sopacua,” ucap AHY kepada wartawan, Rabu (17/11/2021).

AHY juga mengajak seluruh kader Partai Demokrat mendoakan Max Sopacua. AHY juga mendoakan keluarga pria kelahiran Ambon, 2 Maret 1946, itu diberi ketabahan.

“Hari ini saya sudah mendapat kabar duka tersebut dari putri almarhum. Saya mengajak keluarga besar Partai Demokrat untuk kirim doa, semoga amal ibadahnya diterima di sisi Allah SWT,” pinta AHY.

“Keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan,” imbuhnya.

Partai Demokrat tentu tidak lupa akan jasa yang sudah Max Sopacua berikan selama ini. Partai berlambang mirip logo Mercy itu membantu dengan menyediakan ambulans untuk membawa jenazah politikus 3 anak itu ke rumah duka hingga ke pemakaman.

Max Sopacua juga mulai menghiasi layar televisi Tanah Air saat menjadi penyiar TVRI pada 1985-2002. Selanjutnya, Max Sopacua memilih fokus sebagai penyiar di bidang olahraga.

Almarhum juga pernah menjadi produser program olahraga. Dia merupakan produser Olimpiade Soul 1988, produser Piala Dunia di USA pada 1994, dan produser Piala Dunia di Prancis pada 1998.

Partai Demokrat bisa dibilang menjadi satu-satunya pelabuhan politik Max Sopacua. Selepas menjadi penyiar, pada 2004 Max Sopacua bergabung ke Partai Demokrat dan berhasil terpilih menjadi anggota DPR dari Partai Demokrat periode 2009-2014.

Sayangnya, pada 2014, dia tak lagi terpilih sebagai anggota Dewan. Meski tak lagi menjabat anggota Dewan, Max Sopacua mendapat posisi sebagai Majelis Tinggi Partai Demokrat periode 2015-2020.

Max Sopacua sempat keluar dari Partai Demokrat dan bergabung dengan Partai Emas pimpinan Hasnaeni. Namun, pada 2021, Max Sopacua juga keluar dari partai tersebut.

Setelah keluar, Max Sopacua Meninggal Dunia bergabung dan ikut mempersiapkan KLB Partai Demokrat di Deli Serdang, Sumatera Utara. Meski begitu, jasa Max Sopacua bagi Partai Demokrat tak akan lekang oleh waktu.

Berita Dunia Terbaru Berita hari ini Berita Indonesia Terbaru Berita Terkini berita terupdate Indoharian Kandungan Max Sopacua Meninggal Dunia news Politik Terkini Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply