Mengejutkan, Ini Beberapa Calon Presiden Barcelona

50 views
Luwakpoker

4 Sosok Calon Presiden Barcelona Yang Akan Menggantikan Josep Maria Bartomeu

Berita Indonesia Terbaru, Terkini, berita terupdate, Indoharian, news, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Indoharian, news, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Calon Presiden Barcelona

Indoharian – Mengejutkan, Ini Beberapa Calon Presiden Barcelona

INDOHARIAN.COM – Pemilihan Presiden Barcelona sebentar lagi digelar. Sejauh ini, terdapat 4 kandidat kuat yang bersaing. Siapa saja calon Presiden Barcelona?

Barcelona akan melangsungkan pemilihan presiden pada 24 Januari 2021. Sorotan jelas tertuju, pada siapa calon Presiden Barcelona yang bakal menggantikan Josep Maria Bartomeu.

Bartomeu, yang menjadi presiden sejak 2014 lalu baru mundur di Oktober 2020 lalu, dinilai gagal membawa perubahan Barcelona pada arah yang lebih baik. Di akhir jabatannya, dia bahkan membuat ‘gaduh’.

Meski dapat membawa Barcelona meraih sejumlah trofi, di antaranya empat titel LaLiga serta sekali Liga Champions, Bartomeu dinilai gagal membuat proyek jangka panjang pada klub. Hal tersebut yang sempat dikecam megabintang klub, Lionel Messi, yang sampai mengancam akan hengkang beberapa waktu lalu.

Tak ayal, kandidat presiden Barcelona akan dihadapkan tugas berat. Selain, tentu saja, membawa trofi, mereka juga diharapkan dapat membuat Barcelona berjaya lagi.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Harun Masiku dibunuh
Harun Masiku Meninggal Dunia
Paulo Dybala cedera

Sebelumnya, terdapat delapan orang yang maju menjadi kandidat presiden Barcelona. Mereka ialah Agusti Benedito, Jordi Farre, Lluis Fernandez Ala, Victor Font, Toni Freixa, Joan Laporta, Emili Rousaud, serta yang terakhir Xavi Vilajoana.

Pada hari Selasa (12/1/2021) waktu setempat, Barcelona merilis 4 kandidat yang melewat ambang batas suara yang dibutuhkan untuk dapat maju menjadi presiden Barcelona. Mereka ialah Joan Laporta, Victor Font, Emili Rousaud, dan Toni Freixa.

Keempatnya sudah mendapat minimal tanda tangan dukungan dari anggota klub, sebanyak 2.257 untuk dapat segera maju pada tahap berikutnya. Sementara sisanya dinyatakan gugur.

Dari keempatnya, Laporta sementara memimpin dengan dukungan mencapai 10.257 tanda tangan, disusul Font (4.710),Freixa (2.821), dan Rosaud (2.510). Berikut rangkum profil masing-masing kandidat.

Profil Laporta, Font, Freixa, dan Rousaud

1. Joan Laporta

Nama Joan Laporta tentu tak asing lagi. Dia adalah mantan presiden Barcelona di tahun 2003-2010.

Pada era Laporta sendiri, Barcelona memang menjadi pesaing utama Madrid, dengan torehan empat gelar Liga Spanyol serta dua kali Liga Champions. Selain itu, dia juga sukses mengorbitkan banyak bintang.

Di antaranya Ronaldinho, semua jebolan La Masia seperti Andres Iniesta serta Xavi Hernandez, sampai Lionel Messi. Selain itu, pelatih Pep Guardiola juga diorbitkan pada masa kepemimpinannya.

2. Victor Font

Victor Font ialah pengusaha Spanyol, yang juga merupakan pendiri Delta Partnrs Group, perusahaan jasa profesional yang bergerak pada bidang konsultasi strategis, perbankan investasi dan investasi, yang berfokus di telekomunikasi, media serta teknologi.

Font juga bos, Diario Ara, media lokal Barcelona. Sejak 2018 lalu, dia sudah ‘start’ kampanye, dengan menyatakan kesiapannya maju menjadi calon presiden El Barca.

Belakangan, Font banyak berjanji akan mengembalikan sosok-sosok berjasa pada Camp Nou. Salah satunya ialah membawa pulang Xavi Hernandez menjadi pelatih, serta juga menjanjikan merekrut Neymar lagi dari Paris Saint-Germain.

3. Toni Freixa

Freixa adalah orang lama di Barcelona. Dia pernah menjadi bawahan Joan Laporta di tahun 2003-2005, tetapi kemudian mundur sebab tak akur. Kemudian, dia dibawa kembali ke klub oleh Sandro Rossell, menjadi juru bicara dewan direksi klub.

Pada 2015, dia sempat maju menjadi calon presiden El Barca. Dia bersaing dengan Bartomeu, Laporta, serta Agusti Benedito. Tetapi, dia kalah pada pemungutan suara, di mana meraih hasil paling jeblok. Saat ini, di 2021, dia memutuskan maju lagi menjadi calon presiden klub.

4. Emili Rousaud

Emili Rousaud ialah pengusaha Spanyol, yang mendirikan perusahaan listrik independen pertama di Negeri Matador-Factor Energia. Selain pengusaha, pria 54 tahun tersebut juga adalah Wakil Presiden Asosiasi Pengusaha Catalan, Anggota Sidang Pleno Kamar Dagang Barcelona, Anggota Komite Agen Pasar Listrik Spanyol, dan Promotor dan Anggota Pendiri Asosiasi Pemasar Energi Independen (ACIE).

Ia juga adalah anggota klub nomor 31.011. Sejak 2015, Rousaud menjadi anggota dewan klub, serta didapuk menjadi wakil presiden di Januari 2020, pada bawah kepemimpinan Bartomeu.

Tetapi, dia sempat berseteru dengan Bartomeu, serta menyatakan mundur dari posisinya pada April. Saat ini, dia menjajaki peluang maju menjadi calon Presiden Barcelona.

Sumber: Detik

Berita Dunia Terbaru Berita hari ini Berita Indonesia Terbaru Berita Terkini berita terupdate Calon Presiden Barcelona Indoharian news Politik Terkini Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply