Menjelang Azan Magrib Tunjungan Plaza 5 Mall Surabaya Terbakar

148 views
Mantratoto

Mencekam Sekali Ketika Tunjungan Plaza 5 Mall Surabaya Terbakar, Pengunjung Berhamburan Keluar

Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Indoharian, news, Politik, Terkini, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com

Tunjungan Plaza 5 Mall Surabaya Terbakar

Indoharian – Tunjungan Plaza (TP) 5 Mall Surabaya terbakar pada hari Rabu petang tanggal 13/4/2022, menjelang pas azan Magrib berkumandang. Kobaran api yang melahap dan menyebar dilantai 5 gedung tersebut. Sontak saja, pengunjung yang kebetulan hendak untuk berbuka puasa (bukber) di sana langsung panik dan berhamburan keluar untuk menuju ke Jalan Embong Malang. Situasi mencekam tersebut sempat dirasakan oleh para pengunjung mall tersebut. Petugas keamanan di TP 5 sempat yang panik pada saat untuk meminta pengunjung untuk menyelamatkan diri.

“Ayo-ayo, cepat pada keluar! Jangan ada mendekat!,” teriak salah seorang petugas keamanan yang berusaha untuk mengarahkan pengunjung agar segera untuk menjauhi api. Kobaran api memang sangat membahayakan. Runtuhan dari puing-puing bangunan yang terbakar berjatuhan dari atas gedung lantai 5 tersebut. Salah satu warga yang bernama Budi Mulyono mengatakan bahwa asap hitam tebal yang membubung tinggi terlihat sangat jelas dari atas Hotel Double Three By Hilton Surabaya pada saat itu, dirinya sedang bukber. Budi pada awalnya melihat ada asap tebal yang membubung tinggi. Lalu tidak lama kemudian, api yang mulai berjatuhan dari atas gedung.
“Iya asli terjadi kebakaran, aku yang lagi makan di Double Three. Kelihatan ada asap, ternyata TP 5 Mall Surabaya terbakar,” ucap Budi.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Perang Sarung di Tegal Dikeroyok Hingga Tewas
Ken Jhonson Di Klaim Sebagai Salah Satu Pengemis Terkaya Di dunia
Sungguh Mencekam Terjadi Penembakan Di Subway Newyork

Suasana mencekam tersebut juga dirasakan pengunjung lainnya yang bernama Dheri. Ketika api yang melahap bangunan TP 5, dia yang sedang berada di dalam gedung tersebut. Waktu itu dia yang sedang menunggu azan magrib untuk berbuka puasa di sebuah restoran mall tersebut. Pada saat azan magrib yang terdengar, bukannya malah untuk membatalkan puasa, Dheri justru yang dibuat panik karena suara alarm tanda kebakaran berbunyi kencang. Akhirnya, tanpa sempat untuk membatalkan puasa dan tanpa yang sempat untuk minum seteguk air pun, Dheri pun langsung lari untuk menyelamatkan diri. “Saya sedang ada di lantai 5 restoran Taste of Java. Pas buka puasa jeder jam 17.32 WIB langsung bunyi alarm,” kata Dheri. Pengunjung juga dilarang untuk mendekat ke bagian kaca yang rawan pecah akibat kebakaran yang terjadi. Yang ada di pikiran pengunjung pada waktu itu adalah bagaimana caranya untuk keluar secepat mungkin. “Sama petugas disuruh turun dan menjauh dari kaca. Nggak sempat minum. Lift pun nggak bisa, eskalator masih bisa. Saya di TP 5,” tambah Dheri.

Salah seorang pengunjung TP 5 lainnya, Michael mengaku, suasana di dalam gedung saat kebakaran memang sangat panik sekali. Pengunjung diarahkan untuk menuju ke pintu darurat. “Waktu kejadian kami pun langsung disuruh untuk lari keluar sama salah satu petugas keamanan. Saya yang dari lantai 3 langsung lari ke bawah melewati
emergency exit,” kata Michael, Rabu (13/4/2022). Michael menambahkan, kebakaran tersebut terjadi dari lantai TP 5 paling atas. Dia sempat tahu bahwa kebakaran tersebut menyebar karena adanya pintu yang terbakar jatuh ke bawah dan langsung merembet.

Laporan kebakaran di TP 5 langsung diterima oleh pihak petugas pemadam kebakaran (damkar) pada sekitar pukul 17.30 WIB. Damkar langsung untuk mengirimkan puluhan kendaraan pemadam. 3 Bronto Skylift langsunng dikerahkan untuk penanganan awal. Kendaraan yang dilengkapi dengan tangga berjalan itu langsung berusaha untuk memadamkan api dari ketinggian hingga 52 meter.

Sekitar pukul 19.10, kobaran api mulai bisa untuk dijinakkan. Namun, pada sekitar pukul 21.20, kepulan asap yang kembali muncul. Damkar kemudian langsung menambah kekuatan Bronto Skylift. “Untuk api sudah tidak ada, tapi asap masih yang keluar terus. Kami curiga. Sumbernya dari mana, sampai sekarang masih belum ketemu,” kata Kepala Dinas PMK Surabaya Dedik Irianto pada pukul 20.22 WIB. Imbas dari Tunjungan Plaza 5 Mall Surabaya Terbakar tersebut, Jalan Embong Malang ditutup total agar bisa untuk memudahkan kerja Damkar dalam menangani api. Kendaraan dari Jalan Tunjungan pun diarahkan ke Jalan Basuki Rahmat. Sedangkan untuk kendaraan dari Jalan Basuki Rahmat yang akan mengarah ke Jalan Embong Malang maupun Jalan Gubernur Suryo dialihkan melalui Jalan Embong Wungu.

Sumber : detik

 

Berita Dunia Terbaru Berita hari ini Berita Indonesia Terbaru Berita Terkini berita terupdate Indoharian news Politik Terkini Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply