Ngeri! Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

144 views
Mantratoto

Kronologi Dan Jumlah Korban Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Indoharian, news, Politik, Terkini, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com

Ngeri! Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Indoharian – Heboh terjadinya Kebakaran Depo Pertamina Plumpang di Koja, Jakarta Utara yang telah merenggut belasan korban jiwa. Begini kronologi yang diketahui sejauh ini. Kronologi tersebut dihimpun wartawan berdasarkan keterangan dari pihak pemadam kebakaran (damkar) Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta, pantauan di lokasi, keterangan warga, keterangan aparat keamanan, hingga keterangan Pj Gubernur Heru Budi Hartono.

Kronologi Kebakaran Depo Pertamina Plumpang ini bersifat sementara. Berikut ini adalah urutan insiden kebakaran tersebut yang terjadi di Jl Tanah Merah Bawah, RT 12/RW 09, Kelurahan Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara:

Jumat, 3 Maret 2023
Pukul 20.11 WIB
– Pemadam kebakaran menerima adanya laporan kebakaran
– Pemadam kebakaran awalnya yang mengerahkan sebanyak 2 unit mobil damkar dan 10 personel, kemudian bertambah terus sampai sebanyak 52 unit mobil damkar dan 260 orang personel.
– Kesaksian dari warga: Terdengar adanya suara ledakan, ada pula yang mengaku mendengar seperti suara petir, disusul ada bau bensin atau bahan bakar minyak menyeruak, kebakaran pun terjadi.
– Api menjalar ke permukiman warga yang berada di sekitar Depo Pertamina Plumpang
– Warga menjadi panik dan berlarian menyelamatkan diri, keluarga, dan barang-barangnya.

20.20 WIB
– Pemadam kebakaran tiba di lokasi kejadian

20.22 WIB
– Pemadam kebakaran mulai untuk beroperasi memadamkan api

Penanganan korban:
– Korban kebakaran langsung dilarikan ke rumah sakit: RS Mulyasari, RSUD Koja, RSUD Tugu Koja, dan RS Pelabuhan Jakarta
– Jenazah mulai bisa ditemukan dan dievakuasi

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Mpok Alpa Polisikan Sahabat Gegara Ditipu 1 Miliar
Tanda Duet Anies Dan AHY Semakin Menguat
PN Jakpus Perintahkan Pemilu Ditunda Hingga 2025

23.04 WIB
– Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran, KSAD Jenderal Dudung Abdurachman, hingga Pangdam Jaya Mayjen Untung meninjau lokasi kebakaran
– Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono juga meninjau korban kebakaran di RSUD Koja, Jakarta Utara
– Pengungsi ratusan orang

“Saya udah sampaikan kalau korban pengungsi kurang kebih 600 plus minus,” ujar Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Koramil 01 Koja, Jakarta Utara, hari Sabtu (4/3/2023) dini hari. Lokasi pengungsian: Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Kantor PMI Jakarta Utara, RPTRA terdekat, dan GOR terdekat

22.37 WIB
– Pemadam kebakaran berhasil untuk melokalisir kebakaran

23.12 WIB
– Proses pendinginan pada lokasi kebakaran

00.00 WIB
– Api akhirnya padam, baik di Depo Pertamina Plumpang maupun di permukiman warga sekitar.
“Api sudah padam, proses pendinginan, sudah kita bisa kuasai. Sudah bisa kondusif wilayah TKP,” ucap Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI, Satriadi Gunawan, kepada detikcom.
– Lalu lintas Jl Plumpang, Koja, Jakarta Utara, dan sekitar lokasi kebakaran menjadi macet.
– Jl Koramil ditutup karena yang menjadi jalur evakuasi korban kebakaran

Hari Sabtu, 4 Maret 2023
03.45 WIB
– Rumah-rumah di kampung warga RW 1 dan RW 2 Kelurahan Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara, menjadi puing-puing, sebagian lainnya gosong. Ini merupakan lokasi permukiman yang dekat dengan Depo Pertamina Plumpang.
– Listrik mati, kabel-kabel putus
– Bau gosong masih tercium

06.00 WIB
– Warga berdatangan ke kampung mereka yang kebakaran, di Rawa Badak Selatan, Koja, dekat Depo Pertamina Plumpang

Jumlah Korban
Posko Kebakaran Depo Pertamina Plumpang di Koramil 01/Koja mengoreksi data jumlah korban yang meninggal. Semula dicatat ada sebanyak 17 orang, kini catatan itu dikoreksi. Jumlah terbaru adalah sebanyak 13 orang tewas. Pantauan wartawan di Koramil Koja, Jakarta Utara, hari Sabtu (4/3/2023) dini hari, papan tulis di posko Koramil Koja mengubah data korban tewas menjadi 13 orang. Data tersebut telah dimutahirkan petugas gabungan tim evakuasi. Dari 13 orang korban itu, 3 di antaranya masih berstatus sebagai anak-anak. Korban tewas akibat insiden tersebut telah langsung dibawa ke RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, guna untuk diidentifikasi.

Sumber : Detik

Berita Dunia Terbaru Berita hari ini Berita Indonesia Terbaru Berita Terkini berita terupdate Indoharian news Politik Terkini Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply