Pemeran Serial Losmen di TVRI, Mieke Wijaya Meninggal Dunia

31 views
Luwakpoker

Artis Senior Mieke Wijaya Meninggal Dunia Berikut Profil Dan Perjalanan Hidupnya

Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Indoharian, news, Politik, Terkini, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com

Almarhum Mieke Wijaya dan anaknya Nia Zulkarnaen

Indoharian – Kabar duka datang dari ladang perfilman negara Indonesia. Aktris senior atau kawakan yang bernama Mieke Wijaya meninggal dunia di usianya yang 82 tahun pada hari Selasa tanggal 3/5/2022. kabar duka tersebut didapat dari pesan berantai yang dikirimkan oleh pihak keluarga. Dalam pesan tersebut, tertulis bahwa aktris senior tersebut telah mengembuskan napas terakhirnya pada pukul 19.30 WIB.

“Innalillahi wainna ilaihi rojiiun. Telah meninggal dunia Mama, Nenek, kami yang tercinta Hj. MIEKE WIDJAJA pada hari Selasa, 3 Mei 2022 jam 19.30 dlm usianya yang ke 82 tahun,” tulis isi pesan tersebut. Putri aktris senior tersebut yang bernama Nia Zulkarnaen mengatakan bahwa ibunya yang sempat dirawat di rumah sakit. Nia menjelaskan bahwa mendiang ibunya menderita penyakit diabetes hingga kanker. Jenazah aktris senior tersebut, rencananya akan dikembumikan di Taman Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Jakarta Selatan, pada hari Rabu (4/5/2022) siang.

Mieke wijaya meninggal dunia berikut profilnya
Aktris senior tersebut merupakan aktris kawakan kebanggaan Indonesia yang lahir pada tanggal 17 Maret 1939 di kota Bandung, Jawa Barat. Ia merupakan isteri dari seorang aktor yang bernama Dicky Zulkarnaen. Pasangan tersebut dikaruniai 4 orang anak, salah satunya adalah Nia Zulkarnaen yang juga ikut terjun di dunia perfilman.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Anak Rhoma Bebas Bersyarat Tepat Pada Saat Idul Fitri
Lebaran 2022 Kebun Raya Bogor Padat Pengunjung
Mengerikan!!Virus Hepatitis Masuk Indonesia

Aktris senior tersebut yang kerap tampil di beberapa film yang terkenal di zaman era 1950-an. Film pertama yang menjadi awal kariernya yang berjudul “Gagal” yang tayang pada 1955. Beberapa film lain yang dibintanginya di antaranya adalah “Gadis Kerudung Putih”, “Ranjang Pengantin”, “Tjorak Dunia”, “Pilihlah Aku” dan “Kembang
Semusim” serta “Asmara Dara”.

Aktris senior tersebut dan peran Bu Broto
Salah satu film yang melejitkan namanya di dunia perfilman adalah film Tiga Dara yang disutradarai oleh Usmar Ismail, sutradara legendaris Indonesia. FIlm tersebut tayang pada tahun 1956 dan menjadi sukses besar. Pada tahun 1980-an, aktris senior tersebut juga pernah terlibat dalam film serial “Losmen” yang tayang di TVRI. Dalam serial itu, aktris senior tersebut memerankan tokoh Bu Broto. Serial tersebut sangatlah digemari oleh masyarakat Indonesia pada zamannya. Bahkan pada tahun 2021 lalu, serial ini di-remake menjadi film keluarga yang tayang di bioskop dengan judul yang sama. Di usianya yang sudah tidak lagi muda, akting aktris senior tersebut masih sering yang ditemui di beberapa sinetron di pertelevisian Indonesia. Beberapa sinetron yang dibintanginya adalah “Kemilau Cinta Kamila”, “Anak-Anak Manusia” dan “Catatan Hati Seorang Istri”. aktris senior tersebut juga tampil dalam film Ayat-Ayat Cinta yang disutradari oleh Hanung Bramantyo pada 2008 lalu.

Peraih Piala Citra FFI
Selama berkarya di industri perfilman Indonesia, aktris senior tersebut telah meraih Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) yang sebanyak 3 kali, yakni pada tahun 1967, 1975, dan 1981. Piala Citra FFI merupakan ajang penghargaan tertinggi bagi dunia perfilman di Indonesia. Hingga saat ini ajang tersebut yang masih digelar
setiap tahunnya. Pada 1967, aktris senior tersebut berhasil memenangkan nominasi Pemeran Utama Wanita Terbaik dalam film “Gadis Kerudung Putih”. Sementara pada tahun 1975, aktris senior tersebut kembali meraih penghargaan Piala Citra FFI untuk kategori Pemeran Pendukung Wanita Terbaik di film “Ranjang Pengantin”. Pada saat membintangi film “Kembang Semusim” pada 1981, ia kembali berhasil meraih penghargaan Piala Citra FFI untuk kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik.

Penerima Lifetime Achievement IMA 2015
Sebelum Mieke Wijaya meninggal dunia, ia pernah mendapatkan anugerah Lifetime Achievement di ajang Indonesian Movie Award (IMA) pada tahun 2015. Ia meraih pengharaan itu ketika yang masih berusia 75 tahun. Saat itu, aktris senior tersebut hadir dalam ajang IMA 2015 untuk membacakan nominasi bersama dengan tiga orang kawannya, yakni Rina Hasyim, Nani Wijaya, dan Connie Sutedja. Namun, malah namanya yang justru tertulis di dalam amplop peraih anugerah Lifetime Achievement itu merupakan. “Saya yang tidak menyangka. Saya kan tugasnya tadi hanya yang baca nominasi, eh kenapa tiba-tiba nama saya juga ikut disebut,” tutur Mieke pada saat itu.

Sumber : kompas

 

Berita Dunia Terbaru Berita hari ini Berita Indonesia Terbaru Berita Terkini berita terupdate Indoharian news Politik Terkini Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply