Proyek Sodetan Ciliwung Mangkrak 6 Tahun

12 views
Mantratoto

Proyek Sodetan Ciliwung Mangkrak 6 Tahun, Jokowi Kaget

Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Indoharian, news, Politik, Terkini, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com

Proyek Sodetan Ciliwung Mangkrak 6 Tahun

IndoHarianproyek sodetan ciliwung mangkrak, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan proyek pembangunan sodetan Sungai Ciliwung bisa selesai pada bulan April mendatang. Jokowi juga turut mengapresiasi Pj Gubernur Heru Budi bahwa proyek sodetan mangkrak selama Enam tahun ini bisa kembali dilanjutkan.

Jadi sekarang kita kembali lagi ke Jakarta, ke masalah banjir Jakarta. Kita tahu penanganan banjir Jakarta itu harus dari hulu sampai ke hilir. Di hulunya sudah kemarin kita selesaikan. Di bangunan Bendungan Ciawi, kemudian juga Bendungan Sukamahi sudah selesai di atas. Kata Jokowi saat dirinya meninjau proyek sodetan Kali Ciliwung, Selasa (24/1/2023).

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Aksi Heroik Bocah Bantu Damkar Macet Tuai Pujian
Suara Ganjar Naik Masyarakat Puas Kinerja Jokowi
Tegas!! Kader, Sandiaga Dukung Prabowo Capres

Di bawah kini sudah sampai Jakarta ternyata masih ada masalah, sekarang juga sebentar lagi bisa akan selesai, mungkin April nanti insyaallah sudah selesai sodetan Ciliwung yang sudah berhenti selama enam tahun ini. Ujarnya.

Jokowi menyebut masalah proyek sodetan Ciliwung mangkrak ini karena masalah pembebasan lahan. Dia mengatakan masalah pembebasan lahan itu kini bisa diselesaikan sehingga proyek bisa dapat dilanjutkan kembali.

Ini kemarin satu setengah bulan sudah dibebaskan lahan di sini sehingga proyeknya bisa dimulai lagi pengeborannya dan kita harapkan nanti di bulan April insyaallah sudah selesai dan ini tentunya akan mengurangi banyak sekali lahan genangan, lahan banjir yang terjadi di Jakarta ini. Ujarnya.

Jokowi lantas mengaku kaget maslah pembebasan lahan itu bisa diselesaikan oleh Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono. Dia sendiri menyebut tidak mengetahui metode pendekatan seperti apa yang dilakukan oleh Heru sehingga pembebasan lahan bisa dilakukan.

Saya juga kaget bisa dikerjakan oleh Pak Gubernur Heru, saya nggak tahu metode pendekatannya seperti apa, tapi bisa selesai. Sehingga saya ke sini tadi karena memang ini sudah selesai. Ujarnya.

Meski begitu, Jokowi menegaskan walau bisa melanjutkan proyek sodetan Ciliwung mangkrak, masih ada pekerjaan lain yang harus dilakukan dalam upaya penuntasan masalah banjir di Jakarta. Masih ada soal banjir rob yang terjadi di pesisir pantai. Jokowi mengatakan hal itu bukanlah sebuah pekerjaan mudah. Namun, jika terus konsisten dilakukan, dia yakin upaya yang dilakukan ini dapat mengantisipasi banjir yang terjadi.

Masih ada juga yang namanya banjir rob, giant sea wall, tanggul laut dari atas masih belum selesai, masih dari pantai ke sini juga belum selesai. Memang bukan pekerjaan yang mudah. Tapi kalau kita konsisten kerjakan, pasti akan mengurangi mengurangi sampai nanti akhirnya benar-benar hilang. Ucapnya.

Sumber: Detik.com

Berita Dunia Terbaru Berita hari ini Berita Indonesia Terbaru Berita Terkini berita terupdate Indoharian news Politik Terkini Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply