banner 468x60

Dibalik Kejahatan Siber Asal Cina Ternyata di Bantu Oleh…

 KRIMINAL, NEWS
banner 468x60

4 WNI Bantu Kejahatan Siber Asal Cina, Ikut Diringkus

Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate, Politik, Berita Dunia Terbaru, Foto, Video, Ulasan Teknologi, Kesehatan, Alam dan Entertainment News

4 WNI Bantu Kejahatan Siber Asal Cina, Ikut Diringkus

 

IndoHarian – Kepala Bidang Humas Polda Bali Komisaris Besar Hengky Widjaja menyebut empat orang warga negara Indonesia (WNI) berperan sebagai fasilitator akomodasi dan transportasi bagi para sindikat kejahatan siber asal Cina dan Taiwan. 4 WNI in terdiri dari seorang perempuan dan tiga orang laki – laki.

Satuan Tugas atau yang di sebut Satgas Merah Putih bekerja sama dengan Satgas Counter Transnational Organize Crime atau kata lain CTOC dan Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Kepolisian Daerah Bali melakukan penggerebekan di sebuah vila di Jalan Puri Bendesa, Banjar Mumbul, Kuta Selatan, pada hari Sabtu (29/7) pukul 14.30 WITA. Petugas berhasil mengamankan 27 Warga Negara Asing (WNA) dan empat Warga Negara Indonesia (WNI) pelaku diduga masuk dalam kasus kejahatan siber asal Cina.

“Mereka terdiri dari 17 warga negara Cina dan serta 10 warga negara Taiwan, yang terdiri dari 9 orang perempuan dan 1 orang laki – laki. WNI yang terlibat dalam kasus kejahatan siber terdiri dari 1 perempuan dan 3 laki – laki,” ucap dia, pada hari Sabtu (29/7).

Tim satgas juga menggerebek sebuah rumah di Jalan Kutat Lestari Sanur yang diduga kuat sebagai rumah pemberi arahan pelaku untuk menjalankan aksi penipuannya. Hengky melanjutkan, petugas juga mengamankan 7 jenis barang bukti terdiri dari 38 telepon rumah, 25 modem, 7 router, sepuluh laptop, 8 unit ponsel merek Panasonic, seperangkat kamera pengawas (CCTV), dan enam buah paspor.

 

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Wajib Ketahui! Ini Cara Kerja Komplotan Pengganjal ATM
Batal Konser, Justin Bieber Menabrak Paparazi!!
Polres Bogor Berhasil Tangkap Kedua Mucikari yang Beberaksi di Medsos

 

Tersangka sementara ini diamankan di kantor Tahanan serta dengan Barang Bukti (Tahti) Polda Bali. Kepolisian Cina juga langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Tersangka berserta barang bukti rencananya diserahkan ke Kepolisian Cina utk diproses di negara asalnya usai dibawa ke Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Penggerebekan lokasi sindikat kejahatan siber yg dilakukan warga Cina dan Taiwan tak hanya dilakukan di Bali pada hari Sabtu. Polri bekerja sama dengan Kepolisian Cina juga menggerebek 4 lokasi di Jakarta dan Surabaya serta Bali.

Petugas meringkus 29 warga Cina yang terdiri dari 12 perempuan dan 17 laki – laki sindikat kejahatan siber asal Cina di Jalan Sekolah Duta Pondok Indah Kebayoran Lama Jakarta Selatan (Jaksel). Penangkapan juga dilakukan di Surabaya yg meliputi 3 lokasi kejahatan.Tiga lokasi yaitu Jalan Mutiara Graha Family Blok N-1 Bukit Darmo Golf Surabaya, Jl. Graha Family Timur satu Blok E-68 Bukit Darmo Golf dan Jl. Graha Family Timur satu Blok E-58 Bukit Darmo Golf. Jumlah WNA yang diamankan di Surabaya mencapai 93 orang yang terdiri dari 81 warga Cina dan 12 warga Taiwan.

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

Related Search

banner 468x60

Related Posts

Leave a Reply