banner 468x60

Trump Sebut, Hari Akhir ISIS Telah Diujung Pelupuk Mata

 NEWS, POLITIK
banner 468x60

Perang yang Membawa Hasil, Presiden AS Sebut Hari Akhir ISIS Sudah Di Pelupuk Mata

Alam dan Entertainment News ,Berita Dunia Terbaru ,Berita hari ini ,Berita Indonesia Terbaru ,Berita Terkini ,berita terupdate Foto ,Indoharian kesehatan ,Politik ,Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com ,Ulasan Teknologi ,Video

Perang yang Membawa Hasil, Presiden AS Sebut Hari Akhir ISIS Sudah Di Pelupuk Mata

 

IndoHarian – Orang nomor satu di Amerika Serikat atau Presiden Amerika Serikat Donald Trump, menyatakan proses transisi bisa segera dimulai demi perdamaian yang langgeng di Suriah karena hari akhir ISIS telah berada di depan mata menyusul runtuhnya ibu kota ISIS, Raqa, di Suriah.

Dalam pernyataan tertulisnya, yang disampaikan pada hari Sabtu Trump menyatakan Amerika Serikat (AS) dan para sekutu akan mendukung perundingan diplomatik “yang akan mengakhiri kekerasan, memungkinkan para pengungsi kembali ke kampung halaman, dan menciptakan transisi politik yang menghormati keinginan masyarakat Suriah”.

Deklarasi Trump ini dilontarkan hanya empat hari usai pasukan koalisi Arab-Kurdi dukungan AS merebut kembali Raqa yang menjadi ibu kota dan markas besar terakhir ISIS di Suriah.

Trump menyatakan seluruh penjuru kota sudah dibebaskan dari ISIS. Dia menyebut prestasi tersebut sebagai terobosan penting dalam upaya global memerangi kelompok ISIS.

“Dengan dibebaskannya ibu kota ISIS dan bagian terbesar teritori tersebut, akhir khilafah ISIS telah di pelupuk mata,” tutur Trump.

“Kita akan segera memasuki fase baru transisi, sebuah langkah baru bagi kita mendukung pasukan keamanan lokal, mengurangi kekerasan di seluruh Suriah, dan memajukan kondisi bagi perdamaian yang langgeng, sehingga teroris tak lagi mengancam keamanan kolektif kita lagi.”

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Tidak Tertib!! Rombongan Mantan Mendikbud Terobos Jalur Satu Arah Di Puncak
Ngeri!!! Lewat Surat Korut Paksa Australia Jauhi Trump!!!
Bahaya!!! CIA Sebut Rudal Mematikan Korut Akan Jangkau Wilayah AS

Sejak menduduki kota ini pada tahun 2014, ISIS sudah menggunakan Raqa sebagai basis untuk merancang dan melakukan serangan di Barat, termasuk bom bunuh diri dan penembakan massal pada tanggal 13 November 2015 di Paris yang menewaskan sebanyak 130 orang.

Menteri Luar Negeri Prancis Yves Le Drian menyambut takluknya ISIS pada hari Jumat waktu setempat lalu dan menyatakan “kejahatan di Bataclan tak akan lolos dari hukuman.”

Sebelumnya ramai diberitakan bahwa bendera kekuatan anti-ISIS dikibarkan di Raqqa, Suriah, pada hari Selasa (17/10/2-17), usai kekuatan yang didukung militer AS merebut kota tersebut, menyusul pertempuran sengit selama berbulan-bulan yang membawa hasil hari akhir ISIS sudah di ujung mata.

Tentara dari Kurdi dan Arab yang juga dikenal dengan sebutan nama Syrian Democratic Forces (SDF) mengatakan mereka sekarang sepenuhnya menguasai Raqqa.

“(ISIS) sudah habis … tentara kami telah sepenuhnya menguasai Raqqa,” tutur Talal Sello, juru bicara SDF kepada kantor berita AFP, pada hari Selasa petang waktu setempat.

“Operasi militer (SDF) di Raqqa telah dinyatakan selesai, namun kami masih melakukan operasi untuk menemukan sel-sel (milisi ISIS) dan mengangkat ranjau darat,” imbuhnya.

Dia mengatakan pernyataan resmi dikuasainya Raqqa akan dipublikasikan secepatnya. Trump Sebut, Hari Akhir ISIS Telah Diujung Pelupuk Mata.

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

Related Search

banner 468x60

Related Posts

Leave a Reply