114 KK Mengungsi, Banjir Di Tebing Tinggi Rendam Rumah Warga

289 views
Luwakpoker

Banjir Di Tebing Tinggi Merendam Ribuan Rumah Dan 114 KK Mengungsi

Berita Indonesia Terbaru, Terkini, berita terupdate, Indoharian, news, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Indoharian, news, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Banjir Di Tebing Tinggi

Indoharian – 114 KK Mengungsi, Banjir Di Tebing Tinggi Rendam Rumah Warga

INDOHARIAN.COM – Ribuan rumah pada 5 kecamatan di Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara, terendam banjir karena meluapnya Sungai Padang. Tercatat 114 kepala keluarga mengungsi akibat banjir di Tebing Tinggi tersebut. Kini banjir telah semakin surut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tebing Tinggi, Wahid Sitorus menjelaskan, banjir tersebut tersebar pada Kecamatan Tebingtinggi Kota, Padang Hulu Rambutan, Bajenis, dan Padang Hilir.

Dilihat dari data yang ada, lanjut Wahid, terdapat 8.368 kepala keluarga atau 32.173 jiwa yang menghuni di 6.663 rumah yang terendam sejak pada hari Jumat (27/11/2020) dini hari. ”Tetapi sekarang telah mulai surut banjirnya. Serta pada lapangan telah terdapat 70 posko banjir,” katanya saat dikonfirmasi melalui telepon, pada hari Minggu (29/11/2020) sore.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Rizieq kabur dari RS
Kiesha Alvaro diserbu
Pembunuhan Sadis Di Sigi

Wahid menambahkan, sebagian besar masyarakat memang masih ada di rumahnya. Tercatat, terdapat 114 kepala keluarga atau 370 jiwa yang terpaksa mengungsi. Mereka berasal dari Kelurahan Lalang, Kecamatan Rambutan sebanyak 89 KK serta Pagar Merbau, Kecamatan Padang Hulu, 25 KK. ”Dengan semakin surutnya air, lalu lintas semakin lancar. Tetapi memang untuk hari ini (banjir) yang masih setinggi 1 meter tersebut pada Kelurahan Lalang,” katanya.

Mobil dapur lapangan

Sementara itu, Satuan Brimob Polda Sumut hadir untuk membantu proses evakuasi warga serta juga menggelar Mobil Dapur Lapangan dan membagikan makanan menjadi bentuk kepedulian Satuan Brimob Polda Sumut pada masyarakat terdampak banjir.

”Kita hadir pada tengah masyarakat serta dengan kegiatan tersebut diharapkan untuk mampu membantu dan meringankan beban masyarakat yang terkena dampak Banjir pada wilayah Kota Tebing Tinggi,” kata Dansat Brimob Polda Sumut Kombes Pol Abu Bakar Tertusi pada aplikasi percakapan WhatsApp, Minggu siang.

Dijelaskannya, personel Mobil Dapur Lapangan memasak langsung makanan dalam dibagikan terhadap masyarakat yang mengalami musibah banjir. Selain Mobil Dapur Lapangan, Satuan Brimob Polda Sumut juga menurunkan mobil Water Treatment yang berfungsi menjadi pengolahan serta menyuling air kotor menjadi air layak minum yang dapat dikonsumsi oleh masyarakat.

Pasi Ops Batalyon B Pelopor Sat Brimob Polda Sumut AKP Yudiana menuturkan , selain dapur lapangan pihaknya juga membangun posko kesehatan. Banjir di Tebing Tinggi ”Kita juga bangun Posko Kesehatan untuk membantu serta mengobati masyarakat di sini,” ujarnya.

Sumber: Kompas.com

Banjir Di Tebing Tinggi Berita Dunia Terbaru Berita hari ini Berita Indonesia Terbaru Berita Terkini berita terupdate Indoharian news Politik Terkini Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply