Beasiswa LPDP Kemenkeu? Ini Syaratnya!!

663 views
Luwakpoker

Beasiswa LPDP Kemenkeu Akan Digelar Pada Hari Senin Mendatang Pada  7 Mei 2018

Alam dan Entertainment News, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Foto, Indoharian, kesehatan, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Ulasan Teknologi, Video, news, kesehatan, teknologi, kriminal, wisata, olahraga, otomotif, aktor, aktris, kuliner

IndoHarian – Beasiswa LPDP Kemenkeu? Ini Syaratnya!!

 

IndoHarian – Lembaga Pengelola Dana Pendidikan Kementerian Keuangan (LPDP Kemenkeu) mempersiapkan beasiswa S2 dan S3 dengan jumlah sebanyak 4.000 penerima pada tahun 2018. Untuk gelombang I beasiswa LPDP kemenkeu ada didalam negeri, pendaftaran bakal dibuka pada hari Senin, (7/5/2018).

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan, Nufransa Wira Sakti menyatakan bahwa informasi kuota beasiswa yang akan disediakan LPDP untuk 4.000 penerima pada 2018 benar adanya.

“Benar (untuk 4.000 penerima). Rinciannya sekitar 65 persen untuk luar negeri dan 35 persen sisanya beasiswa dalam negeri,” ucap Nufransa, Jakarta, pada hari Kamis (3/5/2018).

Itu sama artinya dengan beasiswa LPDP dalam negeri mempunyai jatahnya sekitar 1.400 penerimaan. Sedangkan beasiswa untuk luar negeri ada sebanyak 2.600 penerimaan.

Sementara itu, Direktur Utama LPDP, Astera Primanto Bhakti menyatakan, LPDP Kemenkeu akan membuka pendaftaran untuk beasiswa pendidikan gelombang 1 dalam negeri pada hari Senin, (7/5/2018).

“Kami akan buka beasiswa LPDP untuk yang batch I khusus dalam negeri, pendaftaran dibuka pada tanggal 7 Mei,” ucap Prima, sapaan akrab dirinya.

LPDP membuka proses seleksi sebanyak empat kali dalam setahun. Data LPDP pada saat Januari 2017, total penerima beasiswa LPDP kemenkeu mencapai hingga sebanyak 16.293 penerima, rinciannya ada sebanyak 8.404 penerima beasiswa kuliah di perguruan tinggi yang ada didalam negeri dan diluar negeri ada sebanyak 7.889 penerima.

Dari jumlah tersebut, ada sebanyak 10.523 mahasiswa S2 dan sekitar 3.864 program doktor S3. Dari 10.406 penerima beasiswadari  LPDP yang masih studi, kuliah di perguruan tinggi di dalam negeri tetap mejadi yang paling banyak dengan jumlah sebanyak 5.675 orang.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Setnov Kembali Bersaksi, Ini Tersangka Yang Dijeratnya!!
Ruhut Semakin Memanas! Ini sebabnya!
PSI Memberikan Apresiasi ke Pihak Kepolisian

 

Beberapa cara sederhana untuk peserta bisa melewati beasiswa LPDP, antara lain:

1. Harus berkemauan kuat karena harus melalui seleksi panjang dari dari mulai seleksi administratif, substansi melalui desk evaluasi, seleksi substansi melalui paparan, dan seleksi substansi melalui visitasi.

2. Percaya diri. Jangan menggunakan jasa joki, dan lainnya.

3. Menguasai Bahasa Asing Inggris Karena bahasa itu merupakan bahasa yang akan digunakan saat diluar negeri.

4. Harus mudah beradaptasi terhadap lingkungan. Karena banyaknya Mahasiswa beasiswa gugur karena tidak bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar, cara belajar dan juga kultur yang berbeda. Jadi penting untuk memahami kultur negara tujuan studi.

“Itu sih hal yang paling penting, kalau IPK bisa semua. Lebih bagus lagi punya Letter of Acceptance (LoA), akan punya posisi tawar yang lebih tinggi,” ucap Eko.

“Tapi yang paling penting, lebih cepat untuk selesai kuliah, lebih baik dan lebih cepat lagi memberikan return bagi negara. Karena negara sudah menginvestasikan, terus berlama-lama, maka rate of return-nya seolah-olah jadi turun,” lanjut dia.

Selain di Jakarta, LPDP juga bakal menggelar pameran pendidikan tinggi berikutnya di Surabaya untuk beasiswa LPDP kemenkeu.

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

aktor aktris Alam dan Entertainment News beasiswa LPDP kemenkeu Berita Dunia Terbaru Berita hari ini Berita Indonesia Terbaru Berita Terkini berita terupdate Foto Indoharian kesehatan kriminal kuliner news olahraga otomotif Politik teknologi Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com Ulasan Teknologi Video wisata

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply