BMKG: Fenomena Puting Beliung Itu Adalah Fenomena Alam Yang Biasa Terjadi

396 views
luwakpoker

BMKG: Fenomena Puting Beliung di Kepulauan Seribu Merupakan Fenomena Alam Biasa

Alam dan Entertainment News ,Berita Dunia Terbaru ,Berita hari ini ,Berita Indonesia Terbaru ,Berita Terkini ,berita terupdate Foto ,Indoharian kesehatan ,Politik ,Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com ,Ulasan Teknologi ,Video

Indoharian – BMKG: Fenomena Puting Beliung Itu Adalah Fenomena Alam Yang Biasa Terjadi

 

Indoharian, JAKARTA — Hary T. Djatmiko yang merupakan Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Badan Meteorologi, Klimatologi, dan juga Geofisika (Kabag Humas BMKG), telah mengatakan, fenomena puting beliung yang seperti terjadi di Kepulauan Seribu pada hari Senin (23/10/2017) pagi tadi merupakan fenomena alam biasa.

“Fenomena puting beliung atau tornado skala kecil adalah fenomena cuaca alamiah yg sudah biasa terjadi. Bila kejadian puting beliung itu di laut disebut waterspout,” ucap Hary melalui keterangan tertulis, Senin.

Ia pun mengatakan, dengan fenomena alam itu memang lebih banyak terjadi di masa-masa transisi atau pancaroba seperti yang saat ini.

Gejala akan timbulnya fenomena puting beliung dapat dilihat. Satu hari sebelum munculnya fenomena alam ini biasanya udara di malam hari sampai dengan pagi hari maka akan terasa sangat panas dan gerah.

“Pada pagi hari maka akan terlihat tumbuh awan cumulus (awan putih yang berlapis – lapis), diantara awan tsbt ada 1 jenis awan yg mempunyai batas tepinya sangat jelas berwarna abu-abu menjulang tinggi seperti bunga kol,” ucap dia.

Ia pun melanjutkan, pada tahap berikutnya awan tsbt pun akan mudah berubah warna menjadi abu-abu sampai hitam, timbul hujan deras sampai puting beliung berdurasi singkat.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Terkait Dugaan Suap, Bupati Batubara Ditahan KPK
Mengenal Deni Solang Sang Relawan Sosial ODGJ
Selamat Tiga Jam Pertemuan Tertutup Jokowi-Megawati, Ada Apa Ini?

 

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menerima laporan bahwa terjadinya fenomena alam yaitu angin puting beliung yang berada di perairan Kepulauan Seribu, Senin (23/10/2017) pagi tadi.

Terdapat 3 penampakan angin puting beliung yg muncul dengan bersamaan, di mana kejadian yang seperti ini termasuk peristiwa yg sangat langka.

“Ini merupakan fenomena yang sangat langka di mana 3 puting beliung berjejeran dengan bersamaan. Apalagi di wilayah tropis fenomena ini pun jarang terjadi,” ucap Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dengan melalui keterangan tertulis kepada wartawan, Senin sore.

Sutopo pun menjelaskan, penampakan 3 fenomena puting beliung itu sepertinya berada di daerah Karang Lebar, Kelurahan Harapan, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu Provinsi DKI Jakarta.

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

texaspoker2

Alam dan Entertainment News Berita Dunia Terbaru Berita hari ini Berita Indonesia Terbaru Berita Terkini berita terupdate Fenomena Puting Beliung Foto Indoharian kesehatan Politik Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com Ulasan Teknologi Video

Author: 
    author

    Related Post

    viral88poker

    Leave a reply