Fenomena Marak Partai Rekrut Artis Jadi Caleg

134 views
Mantratoto

Fenomena Marak Partai Rekrut Artis Jadi Caleg, Pengaruh Ga Sih?

Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Indoharian, news, Politik, Terkini, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com

Fenomena Marak Partai Rekrut Artis Jadi Caleg

Indoharian – Menjelang datangnya tahun politik 2024 membuat sejumlah partai kini mulai memperkenalkan para bakal calon legislatif (bacaleg) yang akan bertarung dalam pemilihan legislatif (pileg) untuk Pemilu 2024 mendatang. Marak sejumlah Partai Rekrut Artis atau eks pejabat untuk menjadi bacaleg bagi mereka, apakah berpengaruh?

PAN untuk wilayah Jawa Timur memperkenalkan salah satu selebgram sekaligus crazy rich Surabaya yakni Tomli Wafa. Sedangkan dari Perindo kini mengandalkan seorang artis Venna Melinda yang sedang menjadi sorotan publik karena kasus KDRT-nya untuk mendulang suara di Dapil Jatim VI.

Sejumlah partai pun hingga kini masih merahasiakan rekrutannya untuk dijadikan bacaleg nanti. Salah satunya yakni PKB Jatim yang sudah menyiapkan bacaleg yang merupakan salah satu eks penyanyi dangdut yang namanya masih dirahasiakan oleh PKB.

Melihat fenomena marak Partai Rekrut Artis, salah satu Pengamat Politik Universitas Trunojoyo Madura Surokim Abdussalam menyebut partai yang mengandalkan bacaleg dari kalangan aktris hingga mantan pejabat adalah sebuah langkah instan untuk mendulang suara.

Itu sebuah cara instan dan jalan pintas. Dimana ingin menunjukkan bahwa parpol masih ingin menempuh rute cepat saja. Kata Surokim, Kamis (23/3/2023).

Menurut Surokim perekrutan publik figur dari para parpol ini tidak selamanya bisa menguntungkan. Apalagi, dalam proses pencalegan adalah sebuah kompetisi yang sangat rumit. Dengan nama besar saja belum tentu menjadi jaminan mampu memenangkan banyak suara dari masyarakat.

Sesungguhnya itu ada plus-minusnya. Parpol menggaet artis itu dengan asumsi bahwa para artis ini sudah dikenal banyak oleh masyarakat dan diarasa mudah untuk menggaet para voters. Katanya.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
BEM UI Unggah Gambar Puan Berbadan Tikus
Istri Flexing di Medsos Berujung Kepala BPN Jaktim Dicopot
Ganjar Gandeng Tangan Prabowo Penuh Canda

Sementara dalam pertimbangan kompetensi, kapasitas, dan kapabilitas serta gairah perjuangan sudah dibuat menjadi nomer sekian. Jadi itu memanglah cara instan parpol untuk memperoleh suara dengan menonjolkan faktor dari keartisan tersebut. Tapi yang harus diketahui, dalam kontestasi menjadi caleg itu sangat kompleks sekali. Ujarnya.

Surokim mencontohkan di tahun 2019 lalu di mana juga banyak artis yang turun untuk maju sebagai caleg. Hasilnya, tidak banyak yang mampu melenggang menjadi anggota DPRD/DPR.

Menurutnya, sebuah pencalegan dari Partai Rekrut Artis ini masih diperlukan sosok figur yang terkenal dan juga memiliki jaringan kuat di dapilnya masing-masing.

Semua masih tergantung dari wilayah dan juga tipikal serta habit dari para voters-nya. Dan yang paling utama nanti adalah jaringan dari caleg tersebut, serta mau atau atau tidak turun ke masyarakat. Ujarnya.

Sumber: Detik.com

Berita Dunia Terbaru Berita hari ini Berita Indonesia Terbaru Berita Terkini berita terupdate Indoharian news Politik Terkini Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply