Helikopter Polri Hilang Kontak Di Bangka Belitung

38 views
Mantratoto

Terdapat 4 Fakta Helikopter Polri Yang Hilang Kontak Di Bangka Belitung

Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Indoharian, news, Politik, Terkini, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com

Helikopter Polri Hilang Kontak Di Bangka Belitung

Indoharian – Helikopter Polri yang bernomor P1103 mengalami hilang kontak di Bangka Belitung (Babel). Hingga kini, pihak Polri dan petugas gabungan masih yang terus melakukan pencarian. Seperti yang telah dirangkum, Senin (28/11/2022), insiden pesawat udara Polri tersebut hilang kontak di Babel itu terjadi pada hari Minggu (27/11) siang.

Berikut sejumlah fakta terkini seputar peristiwa ini:
1. Layak Untuk Terbang
Belum diketahui penyebab Helikopter Polri P1103 itu bisa mengalami hilang kontak. Namun, pihak Polri yang memastikan bahwa pesawat udara itu yang layak untuk terbang. “Kondisinya layak terbang,” ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan, kepada wartawan, hari Minggu (27/11/2022). Ramadhan belum bisa yang menyimpulkan apakah pesawat udara tersebut jatuh atau tidak. Menurut Ramadhan, masih terlalu dini untuk menyimpulkan pesawat udara tersebut jatuh.

2. Melewati Cuaca Yang Buruk
Ramadhan menerangkan ada sebanyak dua helikopter dari Pangkalan Bun untuk menuju Tanjung Pandan, Kepulauan Bangka Belitung. Dua pesawat udara tersebut itu teregistrasi dengan nomor P1113 dan P1103.

“Pada Pukul 08.15 dua unit pesawat udara take off dari Palangkaraya untuk menuju Pangkalan Bun. Kemudian pada pukul 11.00, dua unit pesawat udara dari Pangkalan Bun. Jadi, dua pesawat udara tersebut tadi dari Pangkalan Bun menuju Tanjung Pandan, Belitung, dalam kondisi yang layak terbang, setelah sebelumnya sudah mengisi bahan bakar,” ujar Ramadhan.

Dia mengatakan dua pesawat udara tersebut itu melewati cuaca yang buruk. Pilot pesawat udara P1113, kata Ramadhan, mengambil keputusan untuk naik ke ketinggian 5.000 kaki. Sementara pilot pesawat udara P1103 turun ke ketinggian 3.500 kaki. “Posisi di pukul 14.00 WIB, kapten pilot pesawat udara P1113 berusaha untuk memanggil crew pesawat udara P1103 melalui frekuensi radio, namun tidak ada jawaban,” terangnya. Setengah jam kemudian pesawat udara P1113 mendarat di Bandara Tanjung Pandan. Sementara pesawat udara P1103 masih yang dalam kondisi hilang kontak. “Cek posisi pesawat udara P1103 di tower, jadi masih lost contact,” ucapnya.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Mia Khalifa Curhat Soal Terjebak Di Industri Porno
Kode Politik Rambut Putih Dari Jokowi, Siapa?
Pencopotan Label Gereja di Tenda Bantuan Cianjur

3. Membawa Sebanyak 4 Kru
pesawat udara tersebut membawa sebanyak 4 kru. Belum diketahui nasib 4 kru tersebut. Pesawat tersebut kondisinya layak terbang, dan dengan crew ada sebanyak empat orang,” ucap Ramadhan. Di lain kesempatan, Kabid Humas Polda Babel Kombes Maladi mengungkapkan identitas 4 kru pesawat Polri yang hilang kontak. “AKP Arif Rahman Saleh (Kapten), Briptu Lasminto, Aipda Joko M, Bripda Anam,” ucap Maladi. Personel dari Korpolairud Baharkam Polri hingga Polda Babel telah yang diterjunkan untuk melakukan pencarian langsung.

4. Jok ‘Polisi Udara’ Ditemukan
Seorang nelayan yang bernama Sobri menemukan sebanyak 3 jok helikopter di perairan antara Pulau Buku Limau dengan Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Bangka Belitung. Jok tersebut berwarna biru yang bertuliskan polisi udara. “Terima informasi bahwa pada sekitar pukul 14.00 WIB terkonfirmasi ada 3 buah jok heli ditemukan oleh nelayan atas nama Sobri di perkirakan 3 Nm dari Pelabuhan Manggar,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang, Imade Oka Astawa S.H., M.SI melalui keterangan tertulis, hari Senin (28/11/2022).

Jok kursi Helikopter Polri tersebut kini telah dievakuasi di Pos Manggar. Jok itu berbentuk bantalan segi empat. “Ada beberapa debris yang terlihat, namun yang diambil hanya 3 buah jok,” ucap Imade.

Sumber : Detik

Berita Dunia Terbaru Berita hari ini Berita Indonesia Terbaru Berita Terkini berita terupdate Indoharian news Politik Terkini Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply