Mengenal Enoki, Jamur Yang Sedang Booming Tercemar Bakteri

29 views
Luwakpoker

Mengenal Enoki, Jamur Yang Di Kabarkan Saat Ini Tercemar Bakteri Listeria

Berita Indonesia Terbaru, Terkini, berita terupdate, Indoharian, news, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Indoharian, news, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Mengenal Enoki

IndoharianMengenal Enoki, Jamur Yang Sedang Booming Tercemar Bakteri

INDOHARIAN.COMMengenal enoki sedang menjadi pembicaraan sebab terdapat yang tercemar bakteri Listeria monocytogenes. Kandungan bakteri tersebut menyebabkan banyak orang sakit, khususnya kelompok rentan seperti ibu hamil, janin, serta juga orang lanjut usia.

Tetapi sebenarnya, mengenal enoki ialah jamur yang biasa dipakai untuk berbagai sajian, khususnya pada hidangan Asia Timur seperti Jepang serta Korea.

Apa sebenarnya jamur enoki?

Enoki mempunyai nama latin Flammulina velutipes. Pada bahasa Jepang, jamur tersebut dikenal sebagai jamur enokitake. Sedangkan dalam bahasa Korea dikatakan paengi beoseot.

Jamur Enoki sudah tumbuh liar dari zaman kuno pada Asia Timur serta Amerika Utara, dengan banyak ahli memperkirakan jamur tersebut telah ada sejak 800 SM pada Asia. Varietas tersebut pertama kali dibudidayakan pada Jepang.

Jamur tersebut adalah jamur budidaya komersial. Varietas yang dibudidayakan ialah enoki berwarna putih dengan bentuk yang panjang serta tipis dengan bagian topi pada ujungnya. Bentuknya yang tipis serta kecil itu membuatnya disebut juga sebagai jamur jarum emas, jamur fufu, atau jamur lily.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
penawar Covid-19 belum ditemukan
RM jauhi Barcelona
Ciri Ponsel Ilegal

Ketika dimakan sebagai bahan campuran untuk sup, hot pot, sate, atau tumis, jamur itu memberikan tekstur hidangan yang renyah serta rasa yang gurih.

Selain dibudidayakan, jamur enoki juga tumbuh liar. Perbedaan keduanya pun sangat mencolok Jamur enoki liar mempunyai topi jamur yang lebih lebar, batang lebih pendek serta juga warna yang kecokelatan. Selain hal tersebut, rasanya juga sedikit lebih kenyal serta lengket.

Jamur enoki liar tumbuh berkelompok pada pohon seperti hackberry, kesemek, serta juga mulberry. Sedangkan jamur budidaya ditanam pada lingkungan yang gelap serta kaya karbondioksida agar mendorong pertumbuhan batang yang panjang, tipis, serta putih.

Mengutip Specialty Produce, jamur enoki telah dibudidayakan selama ratusan tahun. Jamur tersebut juga termasuk bahan makanan yang dihargai pada urusan masakan serta obat tradisional China, Jepang, serta Korea.

Pada Cina, jamur enoki kaya akan vitamin serta mineral dan dipercaya dapat membantu mengurangi gejala yang terkait dengan masalah usus, tekanan darah, serta penyakit hati. Pada Jepang, jamur populer dipakai untuk membuat es enoki.

Sebelum dimasak, jamur tersebut wajib dipotong bagian dekat akar serta batang. Setelah itu dicuci sampai bersih serta tak lagi berlendir.

Tetapi saat ini, mengenal enoki menjadi berbahaya sebab tercemar oleh bakteri Listeria. Bakteri Listeria tersebut terdapat pada jamur enoki dari produsen Korea Sun Hong Foods, serta kini sudah ditarik dari peredaran. Kementan RI sendiri juga telah memusnahkan jamur enoki dari produsen itu demi terhindar dari wabah listeria.

Sumber: Cnnindonesia.com

Berita Dunia Terbaru Berita hari ini Berita Indonesia Terbaru Berita Terkini berita terupdate Indoharian Mengenal Enoki news Politik Terkini Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply