Ridwan Kamil: Ibukota Jawa Barat Pindah, Ini Katanya

28 views
Luwakpoker

Ridwan Kamil: Ibukota Jawa Barat Pindah, Ini 3 Calon Pengganti Bandung

Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Indoharian, news, Politik, Terkini, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com

Ridwan Kamil: Ibukota Jawa Barat Pindah, Ini Katanya

IndoHarian – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana mengikuti jejak Presiden Joko Widodo yang berencana memindahkan ibu kota negara dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur yang sedang berjalan. Emil, sapaan karib Ridwan, juga berwacana tentang Ibukota Jawa Barat Pindah dari Kota Bandung ke daerah yang lain.

Menurutnya rencana tersebut telah mendapat persetujuan dari DPRD Jabar untuk dilakukan kajian kedepannya. Hal ini ditindaklanjuti berdasarkan rapat paripurna terakhir DPRD periode 2019-2024.

Sudah ada persetujuan dari DPRD tentang wacana (pemindahan) pusat pemerintahan untuk dikaji terlebih dahulu di beberapa lokasi, kata Emil kepada wartawan di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis (29/8/2019).

Ridwan Kamil sendiri menuturkan alasan Ibukota Jawa Barat Pindah sendiri sama dengan pemindahan ibu kota negara Jakarta ke Kaltim. Menurutnya Kota Bandung sudah sangat tidak ideal lagi menjadi pusat pemerintahan povinsi Jawa Barat.

Pada dasarnya secara fisik Kota Bandung itu sudah sama seperti Jakarta, sudah tidak cocok lagi menjadi pusat pemerintahan. Contohnya kantor-kantor pemerintahan itu cekclok (terpisah) jauh dan sudah tidak produktif lagi, ucapnya.

Emil mengatakan, rencananya pemindahan ibu kota Jawa Barat ini masih akan dikaji dalam enam bulan ke depan. Masih ada beberapa aspek yang dipertimbangkan di antaranya risiko bencana, aksesibilitas, tingkat ekonomi, hingga ketersediaan air di daerah calon pengganti ibukota Jawa Barat nantinya.

Kajian masih akan dilaksanakan 6 bulan ke depan. Tentunya semua kemungkinan itu masih butuh kajian, harus minim risiko, aksesibilitas, tingkat ekonomi dasar, ketersediaan air dan masih banyak lainnya, ujar pria berkacamata itu.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Microsoft Office Pensiun Setelah 32 Tahun
Irjen Teddy Minahasa Ditangkap Propam, Karena Ini
Lesti Cabut Laporan, Rizky Billar Akhirnya Dibebaskan

Ridwan sendiri masih belum mau mengungkapkan alasan tiga wilayah tersebut yang masih sementara diproyeksikan jadi ibu kota baru Jabar kedepannya. Meski begitu, ia menyebut masih membuka opsi wilayah lain untuk menggantikan kota Bandung.

Masih terbuka (wilayah lain) sebenarnya, tapi untuk sementara masih tiga tempat itu, katanya.

Tiga wilayah tersebut dalam beberapa tahun mendatang memang akan menjadi pusat pengembangan sektor ekonomi baru. Sebut saja Tegalluar (Kabupaten Bandung) dan Walini (Kabupaten Bandung Barat) yang akan dilalui oleh jalur Kereta Cepat Bandung-Jakarta yang kini sedang dibangun tersebut.

Selain itu, calon pengganti Ibukota Jawa Barat Pindah masih ada juga Kertajati yang akan diproyeksikan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) segitiga Rebana (Cirebon-Subang-Majalengka). Terlebih lagi dengan adanya Bandara Kertajati atau pengembangan Aero City dan letaknya sudah cukup dekat dengan Pelabuhan Patimban Subang, Jawa Barat.

Sumber: Detik.com

Berita Dunia Terbaru Berita hari ini Berita Indonesia Terbaru Berita Terkini berita terupdate Indoharian news Politik Terkini Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply