Tewasnya LC Terjebak Kebakaran Di Tempat Karaoke

64 views
Mantratoto

Peristiwa Tewasnya LC Terjebak Kebakaran Di Tempat Karaoke Di Tegal

Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Indoharian, news, Politik, Terkini, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.comBerita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Indoharian, news, Politik, Terkini, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.comxBerita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Indoharian, news, Politik, Terkini, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.comBerita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Indoharian, news, Politik, Terkini, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.comx

Indoharian – Terjadinya peristiwa Tewasnya LC Terjebak Kebakaran di tempat karaoke, sebanyak enam pemandu lagu atau lady companion (LC) tewas dalam peristiwa kebakaran di New Orange Kota Tegal. Keenam LC tersebut tewas karena telah menghirup asap kebakaran pada saat tengah tidur.

Tragedi Tewasnya LC Terjebak Kebakaran itu terjadi pada hari Senin (15/1/2024) pukul 08.30 WIB. Kala itu 13 karyawan dan LC disebut masih tidur. “Sekitar jam 08.30 ada api. Saya melihat ada kepulan asap muncul tapi apinya tidak ada,” ujar pemilik karaoke New Orange, Ponco Diyono kepada wartawan, hari Senin (15/1/2024).

Laporan itu kemudian langsung diteruskan ke kantor damkar. Armada damkar pun tiba di lokasi sekitar pada pukul 09.00 WIB. Proses untuk pemadaman berakhir sekitar pukul 12.00 WIB.

“Saya yang minta supaya untuk dijebol paksa biar bisa ada lubang,” lanjutnya.

6 LC Tewas
Para korban yang sempat terjebak dalam kebakaran karaoke New Orange Kota Tegal ini lalu dilarikan ke RSUD Kardinah. Enam di antaranya dinyatakan meninggal dunia.

“Jumlahnya ada sebanyak enam orang yang meninggal dunia, semuanya adalah wanita. Satu sudah teridentifikasi karena ada keluarganya yang sudah datang,” ujar Wakil Direktur Pelayanan RSUD Kardinah, dr Lenny Harlina Herdha Santi saat ditemui di RSUD Kardinah, Senin (15/1) siang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal Zaenal Abidin menjelaskan para korban ini meninggal dunia karena diduga merasa sesak nafas usai menghirup karbondioksida (CO2).

“Meninggal dunia ada enam orang. mengalami sesak napas atau tewas karena kelebihan CO2. Jadi sejak dibawa ambulans sampai ke rumah sakit sudah meninggal dunia,” ujar Kepala Dinas Kesehatan, Zaenal Abidin.

Jenazah pemandu lagu itu lalu dipulangkan secara bertahap sejak hari Selasa (16/2) dini hari mulai pukul 02.00 wIB hingga pukul 05.00 WIB. Pemulangan jenazah korban LC ini melibatkan sebanyak empat ambulans dari RSUD Kardinah maupun puskesmas.

Sebanyak empat jenazah dipulangkan ke Jawa Barat dua korban tewas lainnya dibawa ke Pemalang dan Kabupaten Tegal Jawa Tengah.

Keenam jenazah wanita pemandu lagu itu masing-masing adalah Nurmala Andrianti (20) warga Purwakarta, Jawa Barat. Ika Nurhayatin (26) Kabupaten Bandung. Putri Nur Fajar (28) asal Kabupaten Cirebon. Ila Saripah (30) warga Purwakarta. Sedangkan dua korban tewas lainnya yakni Anggun Silviana Putri (22) warga Kabupaten Tegal dan Ajeng Siti Qomariyah (26) warga Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Viral! Gibran Diminta Mundur, Ini Respon TKN</span</a
Ditepis Pihak Istina Menteri Kabinet Jokowi Mundur
Media Asing Sebut Khofifah Penentu Pilpres 2024</span</a

Kebakaran Dipicu Korsleting di Musala
Polisi pun telah merampungkan penyelidikan terkait terjadinya kebakaran di karaoke New Orange Kota Tegal itu. Hasilnya, api diduga berasal dari korsleting motor exhaust fan di ruang musala. “Terjadi api di ruang musala dan rambatan api terlokalisir di ruangan tersebut. Api tidak keluar, jelaga yang keluar. Dekat dari musala ada ruang kamar dan ruang terbuka serta ladies room. Ruang karaoke itu modelnya tertutup semua,” beber Kabid Humas Polda Jateng Kombes Satake Bayu saat jumpa pers di Mapolres Kota Tegal, Rabu (17/1).

Api itu langsung menghanguskan ruangan musala dan menimbulkan banyak sekali asap tebal. Asap yang ditimbulkan sangat pekat karena terdapat kandungan busa wallpaper kabel dan unsur plastik. Tak hanya itu, kondisi semakin diperparah karena tidak adanya ventilasi. Akibatnya asap menjadi tidak bisa keluar. Pekatnya asap kebakaran ini pun sontak membuat korban menjadi sesak nafas.

“Korban itu mati lemas akibat telah menghirup CO2,” jelasnya.

Di lokasi yang sama Dirreskrimum Polda Jateng Kombes Johanson Ronald Simamora menyebut penanganan perkara ini melibatkan Bidlabfor Polda Jateng. “Hasil dari olah TKP, penyebab kebakaran adalah korsleting motor exhaust fan di ruang musala lantai 3,” ujar Johanson.

Polisi Belum Tetapkan Tersangka
Meski begitu, polisi hingga saat ini masih belum menetapkan tersangka dalam insiden maut di karaoke New Orange Tegal yang mengakibatkan Tewasnya LC Terjebak Kebakaran tersebut. Polisi masih memeriksa 11 saksi, di antaranya korban selamat maupun keluarga korban tewas.

“Intinya sedang melakukan proses penyelidikan. Nah nanti kita gelar perkara, untuk menentukan kasus ini ada unsur pidananya atau tidak. Kalau ada unsur pidananya maka nanti akan ada tersangkanya. Prosesnya seperti itu,” ujar Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Satake Bayu kepada wartawan di Markas Polres Tegal Kota, Rabu (17/1).

Terpisah, Kapolres Tegal Kota AKBP Rully Thomas mengatakan bahwa sejumlah materi penyelidikan tengah didalami oleh pihak kepolisian. Salah satunya
adalah terkait dengan dugaan gedung Karaoke Orange yang belum memiliki Sertifikat Laik Fungsi (SLF). “Terkait dengan SLF juga akan menjadi objek penyelidikan. Termasuk meminta keterangan dari para saksi-saksi. Agar kita bisa mempunyai gambaran yang benar untuk gelar perkara. Apakah nantinya bisa dinaikkan ke penyidikan atau tidak,” pungkas Rully.

sumber : detik

Berita Dunia Terbaru Berita hari ini Berita Indonesia Terbaru Berita Terkini berita terupdate Indoharian news Politik Terkini Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.comBerita Dunia Terbaru Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.comx Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.comxBerita Dunia Terbaru

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply