banner 468x60

21 Orang Tewas Dalam Insiden Kapal Tenggelam di Pantai Laut Hitam

 NEWS
banner 468x60

21 Migran Tewas Dalam kapal Terbalik di Pantai Laut Hitam

Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate, Politik, Berita Dunia Terbaru, Foto, Video, Ulasan Teknologi, Kesehatan, Alam dan Entertainment News

21 Migran Tewas Dalam kapal Terbalik di Pantai Laut Hitam

 

IndoHarian – Sedikitny ada 21 pengungsi dan migran tenggelam dan 9 orang lainnya hilang usai sebuah kapal yang berlabuh di Eropa tenggelam di pantai Laut Hitam Turki. Daerah ini terletak sekitar 130 kilometer sebelah Timur Istanbul, kota besar di Turki.

Pada hari Sabtu (23/9), 40 orang berhasil diselamatkan dan sudah berada di kapal nelayan. Seorang wanita hamil yang berhasil diselamatkan langsung di bawa ke rumah sakit namun kehilangan bayinya. Upaya pencarian dan penyelamatan masih terus dilakukan untuk menemukan orang-orang yang masih hilang.

Mehmet Unal, seorang pejabat lokal di kota terdekat Kandira, menuturkan kapal tersebut membawa 70 migran. Sebagian besar dari mereka adalah warga negara Irak. Kapal diduga tenggelam akibat cuaca yang buruk. Turki Barat dan Laut Hitam terkena badai dan hujan lebat dlaam semalam.

 

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Ngeri!!! Usir Rohingya India SiapKan Granat
Bos Pabrik PCC Mantan Kepala Perusahaan Farmasi
Pelaku Pembunuh SPG Cantik di Apartemen Laguna Adalah Pacar Korban?

 

Turki sudah menjadi hub bagi para migran dari negara -negara bermasalah di seluruh dunia termasuk dengan Suriah, Irak dan Afghanistan yang tengah mencari jalan ke Uni Eropa. Pada tahun 2015, sekitar satu juta orang melakukan perjalanan laut yang sangat berisiko untuk menyeberangi Laut Tengah ke Eropa, kebanyakan menuju Yunani dari Turki di atas Laut Aegea.

Ribuan nyawa hilang dalam perjalanan ini. Menanggapi tekanan internasional, Turki memperketat batas lautnya dan membobol ring penyelundupan migran sebagai bagian dari kesepakatan tahun 2016 dengan Uni Eropa.

Jumlah pengungsi dan migran yang melintasi Laut Aegea kini sudah menyusut. Namun kini migran tetap berusaha menyeberangi pantai Laut Hitam dari Turki ke anggota Uni Eropa Rumania.

Menurut statistik yang diterbitkan oleh kantor berita Anadolu Turki, sekitar 834 pengungsi dan migran terjaring dan 10 penyelundup ditahan dalam 7 insiden di Laut Hitam antara pertengahan bulan Agustus dan awal bulan September, Dalam insiden terpisah pada hari Kamis, pihak berwenang Libya menuturkan lebih dari 90 pengungsi dan migran hilang usai sebuah kapal tenggelam di lepas pantai negara tersebut. Sedikitnya ada delapan orang dipastikan tewas.

Libya adalah titik keberangkatan utama bagi pengungsi dan migran yang menggunakan jalur Mediterania Tengah yang berbahaya. Menurut Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM), pengungsi dan migran yang tewas di Mediterania turun 22 persen dari tahun lalu. Sedikitnya terdapat 2.550 pengungsi dan migran yang tewas dari 1 Januari hingga 13 September 2017, dibandingkan dengan 3.262 dari periode yg sama tahun 2016. 21 Orang Tewas Dalam Insiden Kapal Tenggelam di Pantai Laut Hitam.

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

banner 468x60

Related Posts

Leave a Reply