sakuratoto

Begini Penjelasan Anies Soal Pidatonya Yang Menyinggung Pribumi

 NEWS, POLITIK
Iklan Ads

Inilah Penjelasan Anies Soal Pidato Politik Yang Membawa Kata “Pribumi”

Alam dan Entertainment News ,Berita Dunia Terbaru ,Berita hari ini ,Berita Indonesia Terbaru ,Berita Terkini ,berita terupdate Foto ,Indoharian kesehatan ,Politik ,Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com ,Ulasan Teknologi ,Video

Indoharian – Begini Penjelasan Anies Soal Pidatonya Yang Menyinggung Pribumi

 

Indoharian, JAKARTA — Anies Baswedan yang merupakan gubernur DKI Jakarta telah memberi penjelasan Anies soal pidatonya dengan menggunakan kata ” pribumi” yg dia sampaikannya dalam terkait dengan masa penjajahan Belanda di Indonesia, termasuk dengan Jakarta. Dia tak merujuk penggunaan kata itu di era sekarang.

“Oh, istilah itu (pribumi) digunakan utk konteks pada era penjajahan lantaran saya menulisnya juga pada era penjajahan dahulu,” ucap Anies Baswedan saat di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Selasa (17/10/2017).

Anies pun mengatakan, Jakarta merupakan kota yg paling merasakan penjajahan dari Belanda di Indonesia. Lantaran, penjajahan tersebut terjadi di Ibu Kota, Jakarta.

“Yang melihat Belanda dengan jarak dekat siapa? Jakarta. Coba kita di pelosok-pelosok itu, tahu ada Belanda, tapi lihat depan mata? Nggak. Yang melihat di depan mata itu kita yg berada di kota Jakarta,” ucap Anies.

Pada saat ditanya dalam mengenai adanya Undang-undang dan Instruksi Presiden yg melarang menggunakan kata ” Pribumi”, Anies pun langsung menjawab dengan beberapa penjelasan Anies soal pidatonya “sudah ya…”

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
BMI: Harusnya Anies Fokus Pada Jakarta Bukan Membahas Isu Pribumi
HOT NEWS: Soal Pidato Pribumi, Anies Dilaporkan ke Bareskrim
WTF!!! Terkait Kata Pribumi, Begini Kata Bang Anies

 

Saat Anies menyampaikan pidato politik, Senin (16/10/2017) malam, Anies pun menceritakan sejarah panjang Republik Indonesia yg terjadi di Jakarta, seperti pada Sumpah Pemuda, perumusan garis besar Republik Indonesia, sampai dengan proklamasi kemerdekaan.

Anies juga mengatakan, di setiap sudut Jakarta telah menyimpan banyak sejarah, sejak dari era Sunda Kelapa, Jayakarta, Batavia, sampai dengan Jakarta yg merupakan kisah pergerakan peradaban manusia.

Karena menurut Anies, berakhirnya penjajahan yg pernah terjadi di Jakarta selama ratusan tahun itu harus dijadikan sebagai momentum bagi pribumi untuk melakukan pembangunan dan menjadi tuan rumah yang baik di ibu kota.

“Dulu semua pribumi itu ditindas dan dikalahkan (dijajah) oleh bangsa Belanda. Sekarang Indonesia sudah merdeka, saatnya kita menjadi tuan rumah di negeri kita sendiri,” ujar Anies, Senin malam.

Mengenai penjelasan Anies soal pidatonya. Anies mengatakan, kemerdekaan di Indonesia itu direbut dengan usaha yang sangat keras sehingga alam kemerdekaan ini harus dirasakan oleh semua warga Indonesia.

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

totokita3

Related Posts

Leave a Reply