banner 468x60

Fadli Zon Tidak Sejutu Kalau Dana Haji Disalahgunakan Untuk Investasi Infrastruktur

 NEWS, POLITIK
banner 468x60

Fadli Zon Tak Sejutu Dengan Keputusan Jokowi Yang Dimana Dana Haji Disalahgunakan Untuk Investasi Infrastruktur

Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate, Politik, Berita Dunia Terbaru, Foto, Video, Ulasan Teknologi, Kesehatan, Alam dan Entertainment News

Indoharian – Fadli Zon Tidak Sejutu Kalau Dana Haji Disalahgunakan Untuk Investasi Infrastruktur

 

Indoharian, JAKARTA — Mengenai pelantikan anggota Badan Pelaksana Pengelola Keuangan Haji (BPKH), Presiden Joko Widodo alias Jokowi kembali tegaskan rencana akan menginvestasikan dana haji kepada proyek infrastruktur, sehingga dana haji disalahgunakan.

Fadli Zon yang merupakan Wakil Ketua DPR RI pun menilai rencana dari pemerintah itu sbg rencana kebijakan yg tak tepat dan bisa berisiko tinggi.

Menurut pendapat dari Fadli penggunaan dana haji utk investasi infrastruktur itulah sangat tidak tepat sekali dan hanya bisa menimbulkan masalah di kemudian harinya.

Soalnya menurut Fadli Zon tak semua dana publik bisa kita digunakan serta merta utk investasi proyek pemerintah.

“Apalagi ini adalah dana haji. Dana umat yg secara khusus sengaja dititipkan kepada negara utk kepentingan ibadah haji mereka. Dana haji itu digunakan untuk haji bukan untuk yang lainnya,” kata Fadli, Kamis (27/7/2017).

Fadli pun ingin penggunaan dana haji tsbt harus di pertimbangkan lagi dan harus lebih cermat. Selain pertimbangan keamanan investasi dan keamanan likuiditas, pemanfaatan dari dana haji pun harus mempertimbangkan aspek kesyariahan, jangan sampai dana haji disalahgunakan.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
MUI: Ormas Yang Anti Pancasila Itu Harus Dimusnahkan!!!
Amankan Aksi Alumni 212, Polisi Mulai Menyiagakan 10.000 Personel
Empat Parpol Raksasa Siap Dukung Gatot Masuk Bursa Capres 2019

 

“Ada yg memandang perjanjiannya harus jelas di awal. Tidak bisa langsung pemanfaatan dana yg sudah dititipkan diganti dengan begitu saja di tengah jalan,” ucap Fadli.

Fadli Zon pun memandang kalau menaruh dana haji utk investasi infrastruktur itu sama juga sangat beresiko tinggi. Apabila kita lihat data lembaga antikorupsi, pada tahun 2016 dari 211 kasus korupsi,ada 63 kasus korupsi proyek infrastruktur dgn nilai yang paling banyak Rp.486,5 miliar.

Sementara dengan 148 kasus lainnya adalah kasus korupsi non-infrastruktur dgn nilai Rp.404 miliar. “Ini tandanya kalau korupsi di sektor infrastruktur masih sangat utuh,” kata Fadli.

Sementara itu, Fadli pun mengindikasikan kalau tata kelola pemerintah di bidang infrastruktur masih sangat bahaya korupsi dan praktik rente.

“Yang artinya jika dana haji digunakan untuk investasi infrastruktur, potensi dana haji disalahgunakan pun akan semakin besar,” ujar Fadli.

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

banner 468x60

Related Posts

Leave a Reply