banner 468x60

Harga Kambing Etawa Setara Dengan Harga Sapi, Ini Kelebihannya

 NEWS
banner 468x60

Ini Kelebihan Kambing Etawa yang Harganya Mencapai 16 Juta

Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate, Politik, Berita Dunia Terbaru, Foto, Video, Ulasan Teknologi, Kesehatan, Alam dan Entertainment News

Ini Kelebihan Kambing Etawa yang Harganya Mencapai 16 Juta

 

IndoHarian – Menjelang datangnya hari raya Idul Adha, biasanya banyak masyarakat berbondong – bondong yang mencari hewan kurban, baik itu sapi maupun kambing. Seperti di Jl Raya Klender, Jakarta Timur, para pedagang hewan kurban musiman sudah mulai menggelar lapaknya. Andi, seorang pedagang kambing kurban dan aqiqah menuturkan, dirinya menjual kambing mulai dari yang paling murah per satu ekor Rp 1,4 juta dengan bobot 25 kg, hingga yang paling mahal yakni kambing Etawa yang dibanderol dengan harga mencapai Rp 16 juta per satu ekor.

“Kalau kambing jenis Etawa memang paling mahal karena ia memiliki ukurannya juga gede. Ini kalau harga bisa mencapai Rp 16 juta ukurannya bisa 2 kuintal atau setara 200 kg. Jadi badannya juga gede, wajar kalau harganya mahal. Sama kayak (motor) matik kan,” ucap Andi kepada indoharian, pada hari Jumat (11/8/2017).

 

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Mau Tahu Trik Membuat Pizza Rumahan Yang Lezat? Begini Caranya
Apakah Benar Najwa Menjadi Menteri Sosial?? Begini Jawaban Mengejutkan Najwa
Pengacara First Travel Menyebut Kalau First Travel Tidak Menipu Para Jemaah

 

Selain badannya yang lebih gede ketimbang kambing dan domba pada biasanya, kambing Etawa menurutnya juga memiliki daun telinga yang panjang menjuntai, dan bulu sanagat halus yang berkelir hitam putih kecoklatan. Baik itu jantan maupun betina sama -sama memiliki tanduk dikepalanya.

“Etawa ini ambilnya dari Kaligesing (Purworejo, Jawa Tengah). Yang beli si bos, jadi tidak tahu harganya. Nanti kalau pas mulai dekat Lebaran banyak yang cari kambing jenis Etawa,” ungkap Andi.

Saat ini, tambah dia, belum banyak pembeli yang mencari kambing untuk nantinya dijadikan hewan kurban. Ramai pembeli baru akan terjadi pada pekan pertama atau kedua sebelum hari raya Idul Adha.

“Kalau sekarang masih belum. Nanti mulai rami satu minggu atau dua minggu sebelum Lebaran. Kalau mau beli kambing Etawa atau jenis yang biasa minimal dua minggu bisa ada fasilitas titipan gratis. Makan rumput telah termasuk,” ujar Andi.

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

banner 468x60

Related Posts

Leave a Reply