banner 468x60

Ini Faktor Utama Penyebab Jemaah Haji Wafat

 KESEHATAN, NEWS
banner 468x60

Jemaah Haji Wafat di Arab Saudi Didominasi Dengan Penyakit Ini

Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate, Politik, Berita Dunia Terbaru, Foto, Video, Ulasan Teknologi, Kesehatan, Alam dan Entertainment News

Jemaah Haji Wafat di Arab Saudi Didominasi Dengan Penyakit Ini

 

IndoHarian – Jemaah haji wafat asal Indonesia yang di Arab Saudi terus meningkat dari sebelumnya. Menurut data terbaru Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu atau di sebut dengan Siskohat, pada hari Sabtu (9/9/2017), 341 anggota jemaah haji Indonesia wafat, menambah dari sehari sebelumnya, yakni 314 orang.

Dua anggota jemaah meninggal dunia di Jeddah, 216 orang meninggal dunia di Mekah, 37 orang meninggal dunia di Madinah, 20 orang meninggal dunia di Arafah, dan 66 orang meinggal dunia di Mina. Dari 14 orang meninggal dunia adalah jemaah haji khusus.

Sebenarnya apa penyebab utama anggota jemaah haji meninggal? Redaksi Indoharian.com berkorespondensi melalui surel dengan Ketua Komite Medik Klinik Kesehatan Haji Indonesia di Mekah, dr Asep Z Zaeni Dahlan SpJP, FIHA, pada hari Jumat (8/9/2017).

Berdasarkan dari pantauan dokter Asep di lapangan, pascaprosesi rangkaian di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armina), jumlah kejadian sakit dan kematian cenderung meningkat.

 

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Fahri Berharap Jokowi Bisa Mengambil Alih Pemberantasan Korupsi Dari Tangan KPK Karena..
Jokowi Panaskan Mesin Relawannya, Fahri Hamzah: Jokowi Harus Berhati-hati Dengan Relawannya
Sekitar Ratusan Umat Buddha Peduli Rohingya Mengikuti Aksi Penggalangan Dana

 

“Dalam hal ini yang saya berikan berkaitan dengan keadaan kesehatan jemaah pasca-Armina, persisnya pada tanggal enam September 2017, menunjukkan angka kejadian sakit dan jemaah haji wafat cenderung meningkat,” ucapnya.

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah yang bertugas di Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih ini mengatakan bahwa usia terbanyak anggota jemaah haji yang meninggal dunia, yaitu 60 tahun ke atas.

“Dari data pada hari Rabu, 6 September 2017, jemaah haji wafat pasca-Armina sebanyak 23 orang. Secara keseluruhan jemaah haji yang meninggal dunia adalah 313 orang dan 13 di antaranya jemaah haji khusus. Adapun rinciannya sebagai berikut ini. Sebanyak 147 orang meninggal dunia sebelum Armina, 143 orang meninggal pada masa Armina. Asal embarkasi jemaah meninggal terbanyak dari kota Surabaya sebanyak 62 orang,” terang dokter kelahiran Majalengka, pada tanggal 20 November 1978 ini.

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

Related Search

banner 468x60

Related Posts

Leave a Reply