sakuratoto

Inilah Harapan Gubernur Sumbar

 NEWS, POLITIK
Iklan Ads

Harapan Gubernur Sumbar Adalah Supaya Tidak Ada Semen Nganggur Lagi

Alam dan Entertainment News, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Foto, Indoharian, kesehatan, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Ulasan Teknologi, Video, news, kesehatan, teknologi, kriminal, wisata, olahraga, otomotif, aktor, aktris, kulinerAlam dan Entertainment News, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Foto, Indoharian, kesehatan, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Ulasan Teknologi, Video, news, kesehatan, teknologi, kriminal, wisata, olahraga, otomotif, aktor, aktris, kuliner

Inilah Harapan Gubernur Sumbar

 

IndoharianHarapan Gubernur Sumbar Iwan Prayitno agar pasar industri semen di Indonesia, khususnya untuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bisa kembali lagi pulih.

Seperti yang diketahui, jumlah produksi total semen di Indonesia sebesar 107 juta ton, jauh melampaui volume permintaan yang ‘hanya’ 70 juta ton. Artinya ada kelebihan kapasitas produksi sebesar 35 juta ton semen yang menganggur.

“Saya dapat laporan pasar semen nasional ada masalah. Buktinya ada 30 juta ton semen tak terserap pasar, tapi itu takkan lama, pemerintah konsen pada pertumbuhan industri dalam negeri,” ujar Irwan, Ahad (15/7).

Harapan Gubernur Sumbar dua periode ini meyakinkan bahwa pemerintah pusat memiliki siasat untuk menjaga keberlangsungan hidup produsen – produsen semen pelat merah, seperti Semen Indonesia Group (di dalamnya ada Semen Padang) dan Semen Baturaja.

Ia yakin pemerintah pusat berpihak pada BUMN melalui kebijakan-kebijakan yang mendukung perluasan pasar semen di Indonesia.

“Yang paling penting tentu pasarnya dijaga, kita di daerah terus melakukannya,” kata IP.

Sementara itu, Komisaris PT Semen Padang Khairul Jasmi mengungkapkan serbuan pabrik semen asing di Indonesia benar-benar dirasakan imbasnya oleh produsen semen BUMN.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Pekerjaan Trotoar Sudirman-Thamrin Pakai Bandung Bondowoso Style
TAK TERDUGA!! Belgium Kalahkan Inggris Rebut Peringkat Ketiga. Begini Jalannya Pertandingan….
Ini Jawaban Prabowo Mengenai Kandidat Cawapres Pendamping-Nya!!!

 

Apalagi pemerintah pusat mengizinkan perluasan impor clinker (klinker) semen dan semen biasa oleh pemain domestik.

Aturan yang diterbitkan melalui Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) nomor 7 Tahun 2018 ini memberi peluang bagi industri dalam negeri untuk memperoleh bahan klinker dan semen dari pasar internasional. Padahal, persediaan klinker dan volume produksi semen di Indonesia masih berlebih dibanding permintaan yang ada.

“Bagi kami di Sumbar, Semen Padang harus sehat dan kinerjanya terus menanjak. Sumbar peduli dengan BUMN ini dan Semen Indonesia pasti berbuat yang sama,” kata Khairul.

Khairul percaya pemerintah mau mendengar dan menindaklanjuti keluhan para produsen semen milik negara kali ini. Ia berharap kebijakan pemerintah berpihak pada BUMN dan tidak membuat produsen semen pelat merah justru kehilangan pasarnya.

“Apalagi Pak Jokowi giat-giatnya membangun infrastruktur. Kalau tol Padang-Pekanbaru tentu memakai Semen Padang karena ini produksi lokal yang bekerja anak negeri,” katanya.

Oleh karena itu, Harapan Gubernur Sumbar agar pasar semen bisa segera pulih lagi seperti normal, biar tidak ada semen yang menganggur lagi.

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

totokita3

Related Posts

Leave a Reply