banner 468x60

Kebun Raya Bogor Sambut Usia 2 Abad Dengan Cara…

 WISATA
banner 468x60

Kebun Raya Bogor Sambut Dua Abad Dengan Luncurkan Perangko Seri Anggrek

Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate, Politik, Berita Dunia Terbaru, Foto, Video, Ulasan Teknologi, Kesehatan, Alam dan Entertainment News

Kebun Raya Bogor Sambut Dua Abad Dengan Luncurkan Perangko Seri Anggrek

 

IndoHarian – Menyambut usia yang sudah menyentuh 200 tahun Kebun Raya Bogor, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bgr akan meluncurkan sebuah perangko seri khusus bertema kekayaan anggrek Indonesia.

Momentum tersebut bertepatan dgn puncak perayaan dua abad Kebun Raya Bogor yang jatuh pada tanggal 18 Mei 2017 mendatang.

Kepala Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Didik Widyatmoko menerangkan, perangko seri anggrek tersebut merupakan lanjutan dari perangko Negara Kesatuan RI dalam Puspa, yg digagas oleh Megawati Soekarno Putri saat meresmikan Griya Anggrek di Kebun Raya Bgr pada tahun 2002 silam.

 

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Ngeri!! China Bantu AS, Ancam Korut !! Sepertinya Akan Perang
Bule Cantik Ditemukan Tewas di Parit, Diduga Karena..
Ribuan Warga Surabaya Ikut Serta Aksi Simpatik 1.000 Lilin di..

 

“Sebanyak 34 jenis anggrek dari seluruh Indonesia dibuat dalam bentuk sebuah perangko,” ucap Didik, Jumat (12/5/2017).

Didik melanjutkan, jenis anggrek yang dijadikan perangko dipilih dengan berdasarkan asal atau areal distribusinya serta keberadaan anggrek tersebut di Kebun Raya Bogor.

Selain itu, tambahnya, perangko anggrek 34 provinsi tersebut juga sebagai komitmen dari LIPI dalam mengkonservasi anggrek di Indonesia.
“Komitmen ini ditunjukkan dgn adanya upaya konservasi yang dilakukan terus-menerus lewat penemuan spesies baru, perbanyak bibit – bibit, menggali manfaat serta reintroduksi ke habitat asalnya,” tuturnya

Salah satu perangko anggrek yg akan diluncurkan pada peringatan ulang tahun ke-200 Kebun Raya Bogor adalah jenis coelogyne marythae. Anggrek tersebut merupakan hasil eksplorasi dari Katingan, Kalimantan Tengah tahun 2013 lalu yg dilakukan oleh tim peneliti Kebun Raya Bogor.

Kebun Raya Bogor memiliki sebanyak lima spesimen coelogyne marthae yg ditempatkan di rumah kaca anggrek serta 30 dalam botol semai,” ucap dia.

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

banner 468x60

Related Posts

Leave a Reply