sakuratoto

Mahkamah Diminta Selidik Iran, Ada Apa?

 NEWS
Iklan Ads

Mahkamah Diminta Selidik Iran Oleh Otoritas Palestina Terkait Dengan Pelanggaran HAM

Alam dan Entertainment News, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Foto, Indoharian, kesehatan, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Ulasan Teknologi, Video, news, kesehatan, teknologi, kriminal, wisata, olahraga, otomotif, aktor, aktris, kulinerAlam dan Entertainment News, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Foto, Indoharian, kesehatan, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Ulasan Teknologi, Video, news, kesehatan, teknologi, kriminal, wisata, olahraga, otomotif, aktor, aktris, kuliner

IndoharianMahkamah Diminta Selidik Iran, Ada Apa?

 

IndoharianMahkamah Diminta Selidik Iran oleh Otoritas Palestina terkait dengan tudingan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) oleh Israel di Palestina.

Menteri Luar Negeri Palestina, Riyad al-Maliki telah mengajukan rujukan yang memberikan saran dasar hukum kepada jaksa ICC yang berkantor di Den Haag, Belanda untuk mengambil langkah maju setelah memulai penyelidikan.

ICC memiliki wewenang untuk menyidangkan kasus – kasus kejahatan perang, genosida dan kejahatan kemanusiaan yang dilakukan di wilayah 12 negara yang menjadi anggotanya, oleh karena itu Mahkamah Diminta Selidik Iran oleh Otoritas Palestina.

Namun karena Israel tidak bergabung dengan ICC, karena Palestina yang bergabung, maka Israel bisa menjadi target penyelidikan atas tindakan pelanggaran hukum yang terjadi di wilayah Palestina.

Rujukan yang telah diajukan Palestina pada hari selasa (22/5), yang memberikan izin bagi penyelidikan ICC untuk berlanjut ke tahap selanjutnya, yakni penyelidikan penuh.

“Melalui rujukan pengadilan ini, kami ingin kantor mahkamah untuk membuka penyelidikan terhadap seluruh kejahatan tanpa penundaan,” ujar Malik.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Lagi!!! Mapolsek Maro Sebo Diserang
Virus Nipah Mengerikan Menyerang India, Seram!!
Ih!! Benda Seram Teroris Membuat Takut

 

ICC yang dibuka sejak Juli 2002 merupakan kekuatan terakhir pengadilan, khususnya saat sebuah negara tidak bersedia atau tidak mampu menyelidiki kejahatan di wilayahnya.

Pasukan Israel menewaskan sedikitnya 62 warga Palestina dalam bentrokan dengan tentara Israel di perbatasan Gaza pada 14 Mei yang lalu.

Aksi demo itu digelar untuk memprotes pemindahan Kedutaan AS ke Yerusalem, aksi itu juga bertepatan dengan peringatan ‘Nakba’ atau ‘Malapetaka’ saat ratusan ribu warga Palestina terusir dari rumah – rumah mereka pada tahun 1948.

Lebih dari 2.700 warga Palestina yang terluka akibat bentrokan itu, mereka terluka akibat terkena tembakan peluru tajam dan gas air mata yang digunakan oleh pasukan Israel untuk menyerang para demonstran.

oleh karena itu Mahkamah Diminta Selidik Iran ke tahap yang selanjutnya oleh Otoritas Palestina.

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

totokita

Related Posts

Leave a Reply