sakuratoto

Para Nasabah Korban Skimming Mendapatkan Ganti Rugi Dari BI

 NEWS
Iklan Ads

Para Nasabah Korban Skimming Yang Dananya Terkuras Akan di Ganti Oleh Bank Indonesia

Alam dan Entertainment News, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Foto, Indoharian, kesehatan, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Ulasan Teknologi, Video

Indoharian – Para Nasabah Korban Skimming Mendapatkan Ganti Rugi Dari BI

 

Indoharian – Kepala Bidang Humas Masyarakat Polda Metro Jaya Argo Yuwono menuturkan para Nasabah Korban Skimming yang dananya terkuras akan mendapatkan biaya ganti rugi dari Bank Indonesia (BI).

“Dari informasi Bank Indonesia (BI) kemarin, bagi para Nasabah Korban Skimming harap segera melaporkan dan kemudian dilihat dari datanya dan akan diganti,” ucap Argo Yuwono.

Skimming merupakan sebuah tindakan pencurian informasi kartu kredit atau debit dengan menyalin informasi yang terdapat pada strip magnetik kartu kredit atau debit secara ilegal.

Modus yang digunakan antara lain menggunakan wifi pocket router yang diserta kamera modifikasi menyerupai penutup pin pada mesin-mesin ATM untuk mencuri PIN para nasabah.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Mobil Penabrak Lari Ditangkap Warga Setelah Menabrak Motor
Ayah Menghamili Anak Kandung di Tangkap di Medan
Inilah Lawan Baru Marc Marquez di MotoGP 2018

 

Melalui alat tersebut, pelaku menduplikasikan data magnetic stripe pada kartu ATM korban lalu mengkloningnya ke kartu ATM kosong.

Kepala Bidang Humas Masyarakat Polda Metro Jaya Argo Yumono menjelaskan untuk berjaga-jaga terjadinya peningkatan jumlah nasabah korban skimming, pihak dari kepolisian akan melakukan kerjasama dengan Imigrasi dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Interpol (Komisi Polisi Kriminalitas Internasional)

Sebabnya kasus skimming ini melibatkan beberapa Warga Negara Asing (WNA) sebagai tersangka, pelaku melakukan skimming dibeberapa bank yang berada di Indonesia dan juga luar negeri.

“Tentunya kami akan kerjasama dengan otoritas terkait dan kami akan mengungkap karena aksi ini enggak cuma dalam cash tapi di transfer juga,” kata dia.

Argo mejelaskan, Nasabah Korban Skimming Bank BRI saat ini masih diselidiki Polda Metro Jaya, ia menambahkan, belum ada temuan baru dari aksi yang dilakukan oleh tersangka Caitanovici Andrean Stepan, Raul Kalai, Ionel Robert Lupu, Ferenc Hugyec, dan Milah Karmilah tersebut.

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

totokita3

Related Posts

Leave a Reply