banner 468x60

Pemerintah Akan Memindahkan Korban Gunung Sinabung Ke Siosar

 NEWS
banner 468x60

Pemerintah Akan Secepatnya Memindahkan Korban Gunung Sinabung

 

Alam dan Entertainment News ,Berita Dunia Terbaru ,Berita hari ini ,Berita Indonesia Terbaru ,Berita Terkini ,berita terupdate Foto ,Indoharian kesehatan ,Politik ,Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com ,Ulasan Teknologi ,Video

Pemerintah Akan Memindahkan Korban Gunung Sinabung Ke Siosar

 

IndoHarian – Presiden Jokowi mengadakan rapat terbatas tentang aktivitas dan kondisi pengungsi gunung sinabung, Sumatera Utara. Pemerintah akan memindahkan korban gunung sebanyak 1.655 kepala keluarga (KK) ke lokasi baru.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani mengatakan persoalan yang terjadi di Gunung Sinabung saat ini adalah bagaimana memindahkan sisa pengungsi pada tahap kedua dan ketiga.

“Ada sebanyak 370 KK sudah kita pindahkan,sudah mendapatkan relokasi dan tempat tinggal baru. Kemudian sisanya di tahap dua sudah 80 persen yang sedang dalam proses selanjutnya kita lakukan,” ujar Puan seusai rapat terbatas bersama Presiden Jokowi di kantor Presiden, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Sedangkan untuk tahap ketiga, relokasi sisa dari semua pengungsi sebanyak 1.655 KK. “Itu akan relokasi pmerintah ke daerah Siosar, di mana luas daerah itu kurang-lebih 480 hektare,akan terus dikerjakan pembangunannya sampai Desember mendatang, hingga tuntas”.

Berhubungan dengan izin, Pemprov Sumut dengan Kabupaten Karo dan Kementerian Lingkungan Hidup ,Kehutanan mengatakan para pengungsi tersebut secepatnya akan dipindahkan ketempat yang lebih aman. “Pengungsi yang masih belum mempunyai tanah relokasinya sebesar 480 hektare akan segera mendapatkan hak mereka,” ujar dia.

“Sudah tidak ada lagi di kamp-kamp pengungsi. Tetapi memang ada yang sudah di hunian tetap (huntap) maupun di huntara yang durasinya lima tahun,” sebut Gubernur Sumut Dr Hj Nurhajizah Marpaungusai mengikuti rapat tertutup persiapan penyambutan Presiden Jokowi bersama Setneg dan sejumlah kementerian terkait, unsur Forkopimda, serta para pejabat Pemprov Sumut di Kantor Gubernur.

 

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Bawaslu Waspadai Isu SARA Dalam Kampanye 2018
Presiden Jokowi Mendukung Gagasan Hanura Tridianto Karena Ini
Kejam!!! Seorang Suami Membantai Istri Dan Anaknya Hanya Karena Ini

 

Dalam rapat tersebut hadir juga Wakil Presiden Jusuf Kalla  , Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menko PMK Puan Maharani, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri ESDM Ignasius Jonan, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Kepala BNPB Willem Rampangilei, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, dan Wakapolri Komjen Syafruddin.

Kunjungan Presiden ke Sinabung lanjut Wagub, adalah untuk memantau layaknya rumah yang dibangun untuk memindahkan korban gunung sebanyak 380 rumah (huntara) yang dibangun menggunakan dana APBN 2017. Disampaikan Nurhajizah berdasarkan laporan, proses pembangunan hunian tersebut terkendala cuaca, seperti angin kencang.

“Beliau akan melihat sendiri, apa saja yang masih dibutuhkan pengungsi, karena di sana sudah ada rumah, listrik dan air. Akan tetapi masih saja ada keluhan dari masyarakat, maka dari itu beliau mau mendengar apa saja secara langsung. Dikarenakan beliau tidak mau membaca saja, tetapi harus melihat secara langsung di lapangan,” ujarnya.

Berdasarkan informasi lain, selain ke daerah Sinabung, Presiden juga dikabarkan akan mengunjungi Bandara Silangit yang akan menjadi bandara berkelas internasional yang berada sangat dekat dengan destinasi wisata kawasan Danau Toba.

Dalam kedatangan presiden ini lanjut Wagub, dirinya berharap sambutan masyarakat atas kedatangan kelima Joko Widodo ke Sumatera Utara bisa menunjukkan rasa syukur yang mendalam. Dengan perhatian begitu besar dari Presiden , Sumut akan menjadi satu prioritas bagi pemerintah pusat di masa kepemimpinannya.

Presiden segera bertindak tepat untuk memindahkan korban gunung ke tempat yang lebih baik. “Saya pikir wajar masyarakat menyambutnya dengan baik. Inikan bentuk syukur masyarakat gunung sinabung karena telah mendapatkan manfaat lain seperti jalan tol yang juga tahun depan akan ada pembangunan Tol Tebingtinggi-Kuala Tanjung dan Tebingtinggi-Parapat.

 

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

Related Search

banner 468x60

Related Posts

Leave a Reply