sakuratoto

Wah!! Ternyata Keistimewaan Garis Khatulistiwa Seperti Ini

 NEWS
Iklan Ads

Keistimewaan Garis Khatulistiwa Bisa Membuat Telur Berdiri, Fakta Atau Mitos?

Alam dan Entertainment News, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Foto, Indoharian, kesehatan, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Ulasan Teknologi, Video

Indoharian – Wah!! Ternyata Keistimewaan Garis Khatulistiwa Seperti Ini

 

Ekuator Bumi, termasuk sebagian wilayah di Indonesia, akan mengalami hari tanpa bayangan pada Rabu (21/3/2018) yang disebabkan oleh Keistimewaan Garis Khatulistiwa ini.

Gejala tersebut terjadi karena Matahari akan melintas di atas garis khatulistiwa atau equinox.

“Matahari akan berada tepat di atas khatulistiwa pada hari Rabu (21/Maret/2018), hal ini menjadi sebuah fenomena yang sangat menarik di Indonesia yang terletak di garis khayal keliling bumi,” kata Lembaga Penerbangan dan Antariksa (LAPAN) Republik Indonesia (RI).

Dengan begitu, saat anda berada di wilayah khatulistiwa maka matahari akan berada tepat diatas kepala anda, hal ini mengakibatkan tubuh anda tak memiliki bayangan, istilah dari hari ini adalah hari tanpa bayangan.

Kemungkinan pada tanggal 20 Maret sekitar pukul 23:15 WIB, akan terjadi sebuah kejadian yang disebut sebagai vernal equinox (Vernus = musim semi, equus = sama, noct = malam) karena pada 20 Maret adalah durasi siang dan malam di seluruh dunia akan sama, yaitu 12 jam.

Equinox adalah salah satu fenomena astronomi di mana Matahari melintasi garis khayal keliling bumi.

Fenomena ini terjadi 2 kali setiap tahun, fenomena ini terjatuh pada tanggal 21 Maret dan 23 September.

Beberapa mitos pun menyertai fenomena equinox, salah satunya berasal dari China.

Kabar dari mitos itu ialah, saat Matahari tepat melintas digaris khatulistiwa yang menyebabkan hari tanpa bayangan, kita bisa membuat telur berdiri dengan mudah, jika dibandingkan dengan hari yang biasa.

Praktik ini sudah tersebar luas di China, hal ini terjadi karena saat bulan dan bumi berada didalam garis yang sejajar.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
http://indoharian.com/viral-beredar-foto-marion-jola-bersekolah/
ICW Mengkritik KPK Soal Kasus Zumi Zola
Viral!!! Beredarnya Foto Telanjang Seolhyun

 

Tentang Keistimewaan Garis Khatulistiwa ini, teori menyebutkan kalau hal ini bisa terjadi karena bulan dan bumi yang berada didalam garis sejajar, garis yang sempurna ini menghasilkan kekuatan, keseimbangan sempurna yang dibutuhkan untuk membuat hal itu terjadi.

Namun pada saat 19 Maret 1945 yang lampau, majalah life melaporkan bahwa Albert Einstein kurang percaya bahwa equinox sangat memiliki dampak yang besar terhadap keseimbangan telur.

Manajer Planetarium dan Program Sains di Hudson River Museum, Marc Taylor, mengatakan kalau hal tersebut hanya lah sebuah mitos.

“Kalian juga bisa menyeimbangi telur pada saat equinox sedang tak ada,” kata Taylor.

Pada 1987, astronom Frank D Ghigo dari Univeristy of Minnesota melakukan penelitian dengan menggunakan empat butir telur setiap harinya, mulai tanggal 27 Februari hingga 3 April.

Ia mengatakan, dapat atau tidak sebuah telur berdiri bergantung pada cangkang, kesabaran, dan latihan.

“Mood dan ketekunan penyeimbang memiliki pengaruh besar pada tingkat keseimbangan. Jika seseorang tidak sabar atau gugup, kemungkinannya rendah,” ujar Ghigo kepada AP.

“Aku rasa, kemungkinan akan lebih besar jika sering berlatih.”

Sementara itu Taylor menjelaskan bahwa tidak ada Keistimewaan Garis Khatulistiwa.

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

totokita3

Related Posts

Leave a Reply