E-Toll Bakalan Di Gantikan Dengan MLFF Yang Merupakan Sistem Pembayaran Nontunai Nirsentuh

60 views
Luwakpoker

Akses Masuk Jalan Tol Bakalan Diterapkan Sistem Pembayaran Nontunai Nirsentuh Menggantikan E-Toll Yang Berupa E-Money Dan Flazz BCA

Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Indoharian, news, Politik, Terkini, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com

MLFF Yang Merupakan Sistem Pembayaran Nontunai Nirsentuh

Indoharian – Sistem pembayaran nontunai nirsentuh adalah sistem pembayaran jalan tol terbaru yang sedang disiapkan oleh pemerintah untuk menggantikan E-Toll. Sistem ini juga kerap yang disebut sebagai Multi Lane Free Flow (MLFF).

Budi Setiyadi selaku Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan mengatakan, rencananya, sistem pembayaran MLFF bakalan yang diperkenalkan di jalan tol dan akan diterapkan secara penuh pada akhir tahun 2023.

Sampai saat ini, sistem pembayaran tersebut yang masih dalam proses riset pihak yang terkait, baik dari Badan Pengatur Jalan Tol (BUJT), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ). Dia menambahkan, salah satu keunggulan dari sistem ini adalah pengguna jalan tol yang tidak perlu lagi untuk berhenti di gerbang tol apalagi untuk mengantri pada saat melakukan pembayaran di gerbang tol.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Begini Kronologi Kecelakaan Maut Tewaskan Sopir Di Gresik
Gala Dinner Bareng Miyabi Yang Memantik Kontroversi Publik
Selamat, Rihanna Resmi Menjadi Ibu Dari Anak A$ap Rocky

Ada 4 keunggulan dari MLFF yang merupakan sistem pembayaran nontunai nirsentuh
1. Pengendara Mobil yang tidak perlu lagi untuk berhenti pada saat membayar tol Dengan yang menggunakan e-toll yang yaitu pada saat melakukan transaksi pembayaran di gerbang tol, pengemudi yang membutuhkan waktu untuk membuka kaca kendaraan kemudian yang melakukan tapping kartu elektronik. Namun, dengan diterapkannya teknologi transaksi nirsentuh di Jalan Tol atau MLFF ini, pengguna jalan tol yang tidak perlu lagi untuk berhenti di gerbang tol apalagi mengantre pada saat yang melakukan pembayaran.

2. Saldo akan terpotong otomatis
Nantinya, pada saat kendaraan yang melewati pintu tol, saldo uang elektronik yang ada pada aplikasi di ponsel akan langsung bisa terpotong. Teknologi yang diterapkan pada MLFF yaitu adalah Global Navigation Satelit System (GNSS) yaitu yang merupakan sistem yang memungkinkan untuk melakukan transaksi melalui aplikasi di smartphone dan dapat dibaca melalui satelit.

3. Waktu antrean bisa menjadi nol detik
Penggunaan uang elektronik telah mengurangi waktu untuk transaksi bisa menjadi 4 detik yang dibandingkan transaksi manual 10 detik. Nah, penggunaan MLFF tentunya dapat memiliki manfaat yang sangat besar karena yang bisa menghilangkan waktu untuk antrian menjadi nol detik.

4. Bisa Menghemat bahan bakar
Manfaat lainnya adalah efisiensi biaya operasi dan juga meminimalisir bahan bakar kendaraan bagi pengguna jalan tol.

Sementara itu, mengutip indonesiabaik.id, untuk implementasi pada tahap pertama, teknologi MLFF yang merupakan sistem pembayaran nontunai nirsentuh akan diterapkan di 40 ruas jalan tol di Indonesia yang tersebar di Pulau Jawa, dan Bali pada tahun ini. Penerapannya nanti akan berjalan dengan skema yang sekitar 50% dari total gardu pada gerbang tol akan digunakan untuk sistem MLFF tersebut, sedangkan 50% akan digunakan bagi pengguna yang melakukan pembayaran nontunai konvensional. Nilai Investasi proyek MLFF adalah yang sebesar Rp 4,4 Triliun, dengan masa konsesi PT RITS adalah selama 9 tahun sejak tanggal operasi komersial.

Sumber : newssetup

 

Berita Dunia Terbaru Berita hari ini Berita Indonesia Terbaru Berita Terkini berita terupdate Indoharian news Politik Terkini Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply