Harimau Sumatera Selamat Berkat Petugas BKSDA

1056 views
Luwakpoker

Warga Niat Racuni Harimau Sumatera Usai Mangsa Anak Lembu

Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate, Politik, Berita Dunia Terbaru, Foto, Video, Ulasan Teknologi, Kesehatan, Alam dan Entertainment News

Warga Niat Racuni Harimau Sumatera Usai Mangsa Anak Lembu

 

IndoHarian – Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam atau disebut BKSDA Aceh menggiring harimau Sumatera yang memakan lembu milik warga setempat. Harimau tersebut sebelumnya mau diracun masyarakat dengan menaruh racun pada sisa lembu yang sudah dimakannya.

Kepala BKSDA Aceh Sapto Aji Prabowo, menuturkan, petugas BKSDA awalnya menerima ada laporan dari warga Desa Sukamakmur, Kecamatan Lembah Seulawah, Kabupaten Aceh Besar, Aceh perihal adanya harimau yang memangsa lembu milik warga. Laporan pertama diterima pada hari Kamis 27 Juli.

“Saya kemudian langsung menugaskan beberapa personel untuk melakukan pengecekan ke lokasi dan mendapati sisa anak lembu yang telah dimangsa harimau dipasang racun oleh masyarakat dengan tujuan untuk membunuh harimau tersebut,” ucap Sapto kepada awak wartawan, pada hari Senin (31/7/2017).

 

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Hanya Ada 3 Mantan Gubernur di Museum Setu Babakan, Ahok?
Mengapa Nidji Mengurangi Job Konsernya?? Ternyata Karena Hal Ini
Agus Dipasangkan Dengan Prabowo Untuk Pilpres 2019?? Begini Katanya

 

Mengetahui ada racun pada sisa anak lembu yang mati, petugas BKSDA kemudian memberikan pengertian kepada warga bahwa membunuh harimau merupakan tindak pelanggaran Undang-undang No lima tahun 1990 dan merupakan tindak pidana. Tim BKSDA kemudian meminta warga untuk segera mengubur bangkai ternak tersebut.

“Petugas juga meminta masyarakat sebaiknya melapor kepada BKSDA jika harimau Sumatera kembali terlihat,” ucap Sapto.

Berselang sehari kemudian, persisnya pada hari Jumat 28 Juli warga kembali melihat kemunculan harimau tersebut. Mereka membuat laporan lagi dan besoknya tim BKSDA dibantu Fauna Flora International (FFI) meluncur ke lokasi tersebut.

Tim yang mendatangi lokasi ini juga membawa seorang ahli atau pawang harimau bernama Syarwani yang juga merupakan sebagai pegawai honorer BKSDA. Di sana, ritual pengusiran dilakukan. Selain itu tim BKSDA juga membantu pembuatan kandang anti serangan dari harimau dari kawat berduri serta memasang 4 kamera trap untuk memantau harimau.

“Ritual mengusir harimau yang dilakukan sang pawang dengan harapan harimau Sumatera tersebut tak lagi mengganggu ketenangan warga,” ungkap Sapto.

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

aktor aktris Alam dan Entertainment News Berita Dunia Terbaru Berita hari ini Berita Indonesia Terbaru Berita Terkini berita terupdate Foto Harimau Sumatera Indoharian kesehatan kriminal kuliner news olahraga otomotif Politik teknologi Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com Ulasan Teknologi Video wisata

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply