Istilah Mata Panda Hingga Penyebab Dan Solusinya!

728 views
Mantratoto

Istilah Mata Panda, Katong Mata Hingga Lingkaran Hitam Pada Mata

Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Indoharian, news, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Istilah Mata Panda

Istilah Mata Panda Hingga Penyebab Dan Solusinya!

 

Indoharian.com – Sebelumnya, pernah tidak kalian dengar istilah mata panda atau kantung mata? Ada juga istilah modern dark circle atau lingkaran hitam pada mata.

Istilah itu berasal dari penyebab yang berbeda-beda. Mari kita kenali lebih lanjut lagi mengenai lingkaran Hitam, mata panda dan kantong mata hingga penyebabnya.

Dark circle atau disebut lingkar hitam

Seorang dokter Bersertifikat Wexter Dematology Kenneth Howe, MD,  katakan bahwa daerah bawah mata bisa terlihat ungu dan kebiru-biruan sebab kulit di area tersebut sangat tipis dan tembus pandang.

Jika diperhatikan dengan seksama, pada area itu kalian akan dengan mudah melihat pembuluh darah dibawahnya.

Salah satu penyebab dari timbulnya lingkar hitam pada sekitar mata yaitu karen kurang istirahat (tidur).

Kurang tidur sendiri dapat meningkatkan kongesti vena, atau penumpukan cairan yang menyebabkan darah terkumpul di pembuluh darah yang dangkal sehingga lingkar dibawah mata terlihat gelap.

Warna kulit juga bisa mendukung terjadinya lingkar hitam pada mata.

Mereka yang memiliki warna kulit gelap, menghasilkan pigmen ekstra disekitar area mata yang dapat menyebabkan penggelapan umum kulit dibawah mata dan kelopak mata.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
bahaya makeup saat tidur
antibiotik alami berkhasiat
ciri kanker payudara pria

Selain itu, anatomi fitur wajah pun dapat menjadi pendukung terjadinya dark circle.

Mereka yang memiliki alur air mata yang memanjang dari sudut dalam mata secara diagonal menuju tulang pipi dapat mengakibatkan bayangan dan membuat lingkar hitam lebih terlihat.

Hal itu juga ditambah parah dengan hilangnya lemak yang sering terjadi seiring bertambahnya usia mulai dari 25 tahun.

Untuk mengatasi lingkar hitam yang ada pada mata, obat-obatan dengan kandungan retinoid yang diresepkan dokter dapat berguna.

Selain itu juga, parah ahli menyebutkan bahwa antioksidan termasuk vitamin A, C, dan E dapat mencerahkan lingkaran hitam dibawah mata.

Istilah Mata Panda atau Puff Eyes

dari yang diketahui Puff Eyes atau yang lazim disebut sebagai mata panda biasanya terjadi karena adanya pembengkakan sementara yang bersifat alergi musiman.

Bengkak itu bisa timbul dengan sendirinya apabila mengkonsumsi garam atau alkohol yang dapat mengakibatkan dehidrasi hingga akhirnya menyebabkan pembengkakan di wajah.

Kurang tidur juga dapat menyebabkan area sekitar mata agak bengkak dan semakin parah sebab ada genangan cairan didaerah tersebut.

Untuk mengatasi masalah ini, ahli telah merekomendasikan agar tidur dengan baik untuk meminimkan timbulnya mata bengkak. Minum air yang cukup juga di rekomendasikan.

Kantong Mata

Kantong mata berbeda lagi dengan dark circle atau mata panda. Kantong mata terjadi karena adanya pembengkakan struktural yang disebabkan hibernasi lemak dan adanya kelemahan kulit.

Kondisi ini bersifat genetik dan merupakan tanda penuaan yang normal. Kondisi ini bisa muncul paling awal pada usia 20-an atau 30-an tahun.

Akan tetapi, tidak banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya.

Salah satu yang dapat dilakukan adalah melalui perawatan untuk mengencangkan dan menghaluskan area sekitar mata.

Demikian penjelasan istilah mata panda, dark cirlce, dan kantung mata.

Sumber : kompas

Berita Dunia Terbaru Berita hari ini Berita Indonesia Terbaru Berita Terkini berita terupdate Indoharian istilah mata panda news Politik

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply