Jelang Peringatan Hut OPM, Resor Jayapura Tahan Ribuan Warga

48 views
luwakpoker

Kepolisian Resor Jayapura Papua Menahan 34 Orang Jelang Peringatan Hut OPM

Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Indoharian, news, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Jelang Ulang Tahun OPM

Indoharian – Jelang Peringatan Hut OPM, Resor Jayapura Tahan Ribuan Warga

INDOHARIAN.COM – Kepolisian Resor Jayapura, Papua menahan 34 orang Jelang Peringatan Hut OPM, 1 Desember 2019. Kepala Polres Jayapura AKB Viktor Mackbon menjelaskan, 34 orang itu ditahan pada Sabtu malam, 30 November 2019 sekitar pukul 22.00 waktu setempat dan masih diperiksa penyidik di Mapolres Jayapura di Sentani.

“Belum ada laporan tentang perkembangan pemeriksaan terhadap 34 orang tersebut,” jelas Mackbon. Mereka diduga adalah anggota dan simpatisan Komite Nasional Papua Barat (KNPB) jelang Peringatan Hut OPM.

Polisi menyita sejumlah barang bukti berupa seragam dan lambang KNPB. Barang sitaan lainnya adalah katapel, badik, sangkur, dan juga parang.

Pemerintah dan aparat Indonesia kerap menyebut 1 Desember sebagai “hari ulang tahun Organisasi Papua Merdeka (OPM).” Baru-baru ini Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan polisi “tidak memberikan ruang untuk melakukan kegiatan tersebut.”

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Panitia 212 Undang Anies
SKT Ormas FPI
Kematian Hakim PN Medan

Paulus bilang itu diputuskan karena “ada ancaman keamanan,” tanpa menjelaskan spesifik apa ancaman yang dimaksud.

Dia juga memastikan “sudah menyiapkan berbagai cara-cara untuk mengantisipasi itu semua.”

Pernyataan ini dipertegas oleh Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Asep Adi Saputra, yang mengatakan “pada 1 Desember tidak ada kegiatan yang bersifat perayaan.” Sementara Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Argo Yuwono mengatakan pada 22 November lalu, jelang 1 Desember intelijen ditugaskan untuk memetakan kerawanan dari masing-masing daerah.

Kepala Kepolisian Daerah atau Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw menjelaskan, hingga Ahad pagi, 1 Desember 2019, situasi keamanan di Papua saat ini masih kondusif, aman dan terkendali. “Tidak ada aktivitas yang menonjol yang terjadi hingga pukul 10.00,” kata Irjen Waterpauw, Ahad pagi di Jayapura.

Kapolda tidak mengizinkan berbagai bentuk kegiatan masyarakat yang dikemas secara berkelompok untuk memperingati 1 Desember yang dianggap sebagai hari ulang tahun gerakan separatis OPM.

Polda Papua mengerahkan 1.300 personel untuk mengamankan 1 Desember. Sejumlah wilayah menjadi prioritas pengamanan terutama kawasan pegunungan tengah dan wilayah operasi PT Freeport mengingat masih adanya kelompok kriminal bersenjata yang kerap mengganggu warga sipil dan aparat keamanan Jelang Peringatan Hut OPM.

Sumber: TritoId

texaspoker2

Berita Dunia Terbaru Berita hari ini Berita Indonesia Terbaru Berita Terkini berita terupdate Indoharian news Peringatan Hut OPM Politik Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com

Author: 
    author

    Related Post

    viral88poker

    Leave a reply