Mengenang Bens Leo Yang Telah Berpulang Pada 29 November 2021

30 views
Luwakpoker

Mengenang Bens Leo Sang Pengamat Musik Yang Tutup Usia Pada 69 Tahun

Berita Indonesia Terbaru, Terkini, berita terupdate, Indoharian, news, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Indoharian, news, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Berita Indonesia Terbaru, Terkini, berita terupdate, Indoharian, news, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Mengenang Bens Leo

IndoharianMengenang Bens Leo Yang Telah Berpulang Pada 29 November 2021

INDOHARIANMengenang Bens Leo yang meninggal dunia pada Senin, (29/11/2021). Kabar duka berpulangnya Bens Leo berhasil dibagikan oleh pengamat musik, Adib Hidayat melalui akun media sosialnya, di Twitter dan Instagram.

“Selamat jalan Mas @bensleo52, Benedictus Benny Hadi Utomo. Kita sudah kehilangan sosok wartawan dan pemerhati musik Indonesia tak tergantikan. Mas Bens Leo wafat dalam usia 69 tahun,” tulis Adib Hidayat.

Adib Hidayat juga menyebutkan, kabar kematian Bens Leo ia terima dari istri almarhum, Pauline, Senin (29/11/2021) pukul 08.24 WIB.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
El Barca menang
Sopir Mercedez Lawan Arus
Ameer Azzikra Meninggal Dunia

“Konfirmasi dari istri beliau, Mbak Pauline yang mengirim kabar ke Teh @riahdradjat pukul 08.24 WIB pagi ini,” tulis Adib.

Profil Untuk Mengenang Bens Leo

Leo lahir di Pasuruan, Jawa Timur, 8 Agustus 1952, dan memiliki nama asli Benedictus Benny Hadi Utomo.

Mengutip laman Museum Musik Indonesia, Bens Leo juga mengawali kariernya sebagai pengamat musik dengan terjun sebagai jurnalis musik di majalah Aktuil.

Perjalanan kariernya selama di majalah Aktuil terdokumentasikan pada buku Bens Leo dan Aktuil: Rekam Jejak Jurnalisme Musik.

Tulisan pertama Bens Leo di majalah Aktuil dimuat pada 1971, yang berisikan hasil wawancaranya dengan pentolan grup band Koes Plus, Tonny Koeswoyo.

Saat wawancara itu dimuat, Bens Leo masih berusia 19 tahun.

Sejak saat itu, Bens Leo itu sudah produktif menulis di Aktuil, baik wawancara, liputan, maupun informasi seputar musik dan film di rubrik Indo Pop.

Pada 1976, Bens Leo juga mendapat kesempatan liputan pertama keluar negeri, mewakili majalah Aktuil meliput World Popular Song Festival Tokyo.

Dalam perhelatan musik dunia itu, Indonesia hadir dengan lagu Renjana karya Guruh Sukarno Putera, penyanyi Grace Simon dan Idris Sardi, arranger orkestra.

Mengenai laporan detail liputan acara yang diselenggarakan di Nippon Budokan Hall, 19-21 Agustus 1976 tersebut dimuat Aktuil edisi 210.

Asal nama Bens Leo

Pada beberapa tulisan awalnya di Aktuil, Bens Leo juga menggunakan nama Benny SW, yang ia ambil dari inisial nama ayahnya, R. Hadi Soewandito.

Namun, nama Benny SW akhirnya berubah menjadi Bens Leo. Apa alasannya?

“Suatu hari, pada sesi acara belajar bersama jelang ujian SMA di tahun 1970, saya dan dua teman belajar terkejut saat tahu anjing herder adalah teman belajar kami, Lucky diberi nama Benny. Saat itulah saya berfikir keras untuk mengganti nama untuk tulisan saya di Majalah Sekolah. Akhirnya terciptalah nama BensLeo52,” kata Bens Leo, masih dari laman Museum Musik Indonesia.

Ia mengungkapkan, “Bens” berasal dari Benny dan inisial nama ayah “Soewandito”.

“Leo adalah zodiac saya, sedang 52 merupakan tahun kelahiran saya 1952.Bens Leo adalah nama resmi saya sebagai jurnalis, di Instagram saya memakai akun bensleo52,” kata dia.

Gagal masuk AKABRI

Kiprah Bens Leo sebagai jurnalis musik hingga akhirnya dikenal sebagai pengamat musik kondang justru dimulai dari sebuah kegagalan.

Ia gagal diterima di AKABRI Kepolisian, Sukabumi, pada saat tes terakhir.

Salah satu teman seangkatan Bens Leo saat tes akhir di AKABRI Kepolisian Sukabumi adalah mantan Kapolri Bambang Hendarso Danuri.

Mengenang Bens Leo Akan tetapi, kegagalan itu justru melahirkan sosok Bens Leo yang berhasil membuktikan keteguhannya sebagai jurnalis dan pengamat musik.

Sumber : Kompas

Berita Dunia Terbaru Berita hari ini Berita Indonesia Terbaru Berita Terkini berita terupdate Indoharian Mengenang Bens Leo news Politik Terkini Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply